Panwaslu Endus Caleg Berijazah Palsu

Kendari,KP
Masalah dalam berkas administrasi calon legislatif (caleg) mulai diendus Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sultra. Sebelumnya, lembaga pengawas ini mulai menyelidiki caleg yang masih berstatus PNS. Kini, caleg terindikasi berijazah palsu juga ditemukan.

Anggota Panwaslu Zamzam Zaid mengungkapkan, caleg yang diduga berijazah palsu itu diketahui berdasarkan laporan masyarakat yang masuk ke pihak Panwaslu. Sayangnya, Zamzam masih enggan menyebut caleg yang dimaksud. “Kami akan teliti dulu kebenarannya. Jika terbukti pasti kami akan langsung publikasikan,” katanya.

Jika ada caleg yang terbukti memalsukan ijazah, maka sanksi berat akan diberikan. Menurut Zamzam, selain dicoret dari daftar caleg, oknum yang dimaksud juga akan diseret ke pengadilan dengan tuduhan pelanggaran tindak pidana Pemilu.

Keluhkan Fasilitas
Di sisi lain, Zamzam mengeluhkan keterbatasan fasilitas yang dimiliki Panwaslu. Kata dia, kantor Panwaslu yang disediakan Pemprov di kompleks museum, masih dalam tahap perbaikan. Selain itu, staf sekretariat yang berfungsi membantu kerja Panwaslu juga hingga kini belum terbentuk. Akibatnya, anggaran Panwaslu Sultra hingga kini belum dicairkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pusat. Zamzam mengaku pihaknya masih menggunakan dana pribadi untuk melaksanakan tugas seperti seleksi Panwaslu kabupaten/kota serta verifikasi berkas caleg. (cr6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s