BI Kembali Sosialisasi Keaslian Uang

Kendari,KP
Mencegah praktik pemalsuan uang, BI kembali harus memperkenalkan ciri-ciri uang asli, dengan mensosialisasikan rupiah di Aula BI, Kamis (18/9).

“Saat ini pemalsuan uang  sudah sangat mengkhawatirkan. Cara yang digunakan sangat beragam, misalnya mencampur uang asli dan uang palsu dalam jumlah banyak, kemudian ditukarkan ke bank. Atau melakukan transaksi  dengan harga yang tinggi serta melakukan transaksi melalui perantara,”ujar Lawang M Siagian, Deputi Pemimpin Bank Indonesia di depan para pedagang.

Karena itu, pihak BI Kendari merasa perlu melakukan sosialisasi ini khususnya kepada para pedagang, sekalian karena dengan begitu maka  tugas BI untuk mengamankan uang  menjadi ringan.

Kasir BI  La Mutar dan H Soegiarto  mengatakan,  pengenalan mendasar antara uang asli dan uang palsu  melalui 3D (Dilihat, Diraba dan Diterawang).  “Dilihat ada logo BI dan benang pengamannya, diraba terasa kasar pada bagian logo BI dan nominal uang serta diterawang akan terlihat gambar pahlawan,”kata La Mutar.

Uang yang paling banyak dipalsukan pecahan Rp 20,  Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu.   “Tetapi secara kasat mata  sangat berbeda antara uang asli dan palsu misalnya dari segi nomor seri (uang palsu nomor serinya semuanya  sama), warna uang palsu cepat memudar serta kertasnya tidak setebal uang asli,”tambah La Mutar.

Dalam sosialisasi, pedagang diperlihantkan ciri-ciri uang asli dan uang palsu melalui alat peraga.  Melalui lup dapat dilihat garis putus-putus pada uang pecahan Rp 50.000 bertuliskan 50.000.   Sedangkan pada uang pecahan Rp 100.000 bertuliskan Bank Indonesia, demikian pula pada uang pecahan Rp 10.000 bertuliskan Bank Indonesia.

Melalui ultra violet dapat terlihat jelas logo BI dan benang pengaman pada uang pecahan Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000 saling melengkapi. (m4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s