Pelabuhan dan Terminal Jadi Perhatian Utama .:. Saat Arus Mudik Nanti

Kendari, KP
Mudik lebaran selalu identik dengan membludaknya jumlah pengguna jasa transportasi, baik darat, laut, dan udara. Biasanya, peningkatan jumlah arus penumpang terjadi di pekan  ke-4 Ramadhan.    Demi menjaga ketertiban arus mudik di Kota Kendari, Pemkot akan membentuk tim pemantau dan pengawas aktivitas jasa transportasi.

Dua sentra paling utama yang menjadi fokus perhatian yakni pelabuhan dan terminal. Pasalnya, dua lokasi tersebut cukup padat penggunanya dan sedikit sulit menertibkannya. Pelabuhan dan terminal juga cukup berpotensi menjadi lahan bagi para calo transportasi untuk meraup keuntungan sendiri. Ketika keberadaan mereka tidak diawasi ketat, dapat bertindak sendiri untuk menaikkan tarif angkutan.
Wakil Wali Kota Kendari, Musaddar Mappasomba mengharapkan agar tim yang akan dibentuknya itu melakukan pengawasan agar calo-calo tidak seenaknya menaikkan tarif. Pasalnya, tarif yang mereka berlakukan tidak berdasar pada ketentuan yang berlaku. Tindakan tersebut dapat meresahkan para pemudik.

“Sampai saat ini, tarif angkutan antar provinsi masih aman dan belum ada kenaikan. Kami akan membentuk tim pemantau yang akan dilaksanakan Dinas Perhubungan sebagai pelaksana harian. Kita juga terbantu dengan program Operasi Ketupat dari pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan arus mudik,” ujar pasangan Asrun itu.

Terkait dengan perilaku calo jasa transportasi, jika ada yang mencoba menaikkan harga, maka harus ada tindakan preventif (pencegahan) agar tidak terjadi. Kalau pun ada yang terjadi, harus diingatkan. Namun apabila penumpang diterlantarkan akibat ulah dari penyelenggara angkutan, izin operasional bisa ditinjau untuk diberikan sanksi.

“Bisnis jasa transportasi selalu menunggu momen terjadinya lonjakan penumpang, tapi jangan lupa aspek pelayanan yang terbaik pada penumpang. Tetap menciptakan suasana aman, nyaman, dan menyenangkan. Jika ada yang yang menetapkan harga melebih dari tarif biasanya, terkadang lazim terjadi saat lonjakan penumpang terjadi. Tapi jangan sampai melewati batas kewajaran dan sisi pelayanannya harus juga ditingkatkan,” imbau Musaddar. (cr3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s