Avanza dan Xenia Bersaing

Kendari,KP
Mobil  jenis Avanza dan Rush dari Toyota serta Terios dan Xenia produk Daihatsu cukup diminati masyarakat. Pasaran dua perusahaan raksasa itu sulit tersaingi. Namun begitu, produk baru yang dikeluarkan seperti  jenis Hilux (Toyota) dan Grand Max (Daihatsu) mulai membayangi.

“Tidak ada perubahan selera konsumen untuk mobil Toyota saat ini karena tetap diminati. Misalnya jenis Avanza yang harganya Rp 139 juta per unit dan Rush Rp 168 juta s/d Rp 177 juta.  Toyota Avanza  mulai diminati oleh masyarakat Sultra sejak 2 s/d 3 tahun  lalu, dengan penjualan 30 unit per bulan untuk Sedangkan Rush 10 unit per bulannya,”kata Damhuri U Abdullah, Senior Sales Executive Toyota (PT Hadji Kalla) Kendari.

Alasan konsumen memilih dua jenis tersebut karena suku cadang (spare part) dan servisnya mudah didapatkan. Selian itu kedua mobil cocok untuk  keluarga.

Menurut Dahuri, diantara mobil tersebut, Hilux merupakan mobil  baru masuk ke Sultra tetapi telah banyak diminati  masyarakat.  Kebanyakan masyarakat dari kalangan pedagang yang memilih Hilux karena pas untuk membawa muatan seperti bahan dagangan dan hasil pertanian, juga sangat tangguh dengan berbgai medan.

Sementara itu Abdul Malik,Pimpinan Daihatsu (PT Makassar Raya Motor) Kendari mengatakan, jenis Terios dan Xenia adalah juga paling populer.

“Terios dengan harga Rp 190 juta per unit dan Xenia Rp 130 juta masih menjadi mobil pilihan masyarakat Sultra.  Hal ini terlihat dari penjualannya,  kedua mobil tersebut rata-rata 10 unit per bulan,”katanya.

Daihatsu Grand Max juga mulai dilirik masyarakat.   Mobil Grand Max terdiri dari dua jenis,  pick up dengan harga Rp 85 juta per unit dan Mini Bus dengan harga Rp 101 juta per unit.  Masyarakat memilih Grand Max karena dapat digunakan sebagai mobil keluarga plus mobil usaha.
(m4).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s