Hadiri Temu Buton Raya, Dewan Bombana Disorot .:. Sjafei : Hanya untuk Penguatan Politik

Kendari, KP
14 September lalu, para penggagas provinsi Buton Raya menggelar sebuah diskusi ilmiah bertopik “Strategi Pembangunan Daerah Melalui Pembentukan Daerah Otonom Baru”. Selain empat kabupaten yang sudah bersepakat untuk memisahkan diri dari Sultra, juga turut hadir sejumlah anggota dan juga Ketua DPRD Bombana.

Kehadiran dewan Bombana inilah yang melahirkan penilaian miring bahwa para deklarator Buton Raya hendak menggiring Bombana untuk masuk ke provinsi baru itu dengan cara mengikutsertakan dalam pertemuan resmi seperti yang terjadi di Baubau itu. “Mereka memang kami undang secara resmi,” aku Bupati Buton, Sjafei Kahar, kemarin lewat telepon selularnya.

Tapi Sjafei membantah jika disebut bahwa itu upaya menggiring Bombana masuk ke Buton Raya. Langkah mengundang Bombana, kata Sjafei, tidak lebih dari sekedar penguatan politik dari sebuah daerah otonom baru yang mulai terlihat sejahtera. Apalagi, Bombana adalah daerah yang dimekarkan Buton.

DPRD Bombana ingin didengar penjelesannya mengenai strategi membangun daerah pemekaran. Kebetulan saat pertemuan yang digelar di Gedung Pancasila tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPD RI, La Ode Ida dan dua anggota DPR RI asal Sultra yakni Djeni Hasmar dan Rustam Tamburaka termasuk Sekjend Depdagri, Dr Siti Nurbaya.

“Bombana mempresentasikan strateginya membangun daerah otonom, itu sebagai penguatan buat kami yang hendak membangun daerah otonom juga, baik itu Buton Raya maupun untuk pembentukan Buton Tengah dan Buton Selatan,” tukas Ketua Golkar Buton ini.

Pejabat bertubuh jangkung ini berharap agar kehadiran DPRD Bombana di Baubau tidak ditafsirkan bahwa masyarakat Bombana setuju bergabung dengan Buton Raya atau anggapan negatif bahwa sudah digiring untuk bergabung. “Sama sekali itu tidak benar, kami hanya ingin mendapat penguatan politik,” tandas Sjafei.

Penjelasan ini perlu disampaikannya menyusul adanya suara-suara sumbang bahwa para penginisiatif Buton Raya hendak melibatkan Bombana, dan menggiring untuk bergabung.(abi/ong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s