Isu Ayam Suntikan, Pasaran Turun Drastis

Kendari,KP
Hampir sebulan,  peternak ayam boiler panen. Namun sejak dikabarkan isu daging ayam suntikan dan tak layak konsumsi, penjualan ayam di pasaran redup. Bahkan menurun sampai 40 persen.

Ketua Pusat informasi pasar (Pinsar) unggas Sultra, Muh.Sawadi menjelaskan, sudah dua hari ini  masyarakat enggan membeli ayam. Akhirnya permintaan bakul (pedagang ayam) kurang.”Apalagi stok kita banyak, karena prediksi kita, permintaan akan meningkat menjelang lebaran,” terang Sawadi.

Belum lagi dengan harga pakan yang semakin mahal. Terlebih saat ini, karena transportasi susah akibat arus mudik lebaran, tentunya kenaikan harga pakan bertambah tinggi. Kondisi ini tentunya membuat biaya produksi semakin meningkat.

Sawadi yang juga pengurus Asosiasi peternak unggas Sultra (Apustra) ini menyesalkan sidak yang dilakukan POM. Artinya bisa saja mereka melakukan sidak, tapi harus mengikutkan pihak asosiasi.
“Temuan tidak layak konsumsi itu  belum bisa dipastikan. Yang bisa membuktikan adalah pihak dinas peternakan. Bisa jadi paha dan kepala ayam membiru, akibat pengiriman yang terjepit dari Makassar. Ini bisa mematikan usaha peternak dan pedagang ayam,”katanya.

Karena itu, jika dilakukan sidak berikutnya,  pengurus Apustra berharap diikutkan. “Selama ini Apustra juga telah menghimbau kepada pedagang untuk menyajikan ayam layak konsumi,”katanya.  (lis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s