KOMENTAR: Daerah Miskin Cocok Bangun Koperasi

Nurlina
Kabid Koperasi Disperindakop

Dari 762 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Wowawanggu, 338 KK diantaranya masuk kategori miskin. Para keluarga miskin itu menggantungkan hidupnya di sektor informal atau tidak mempunyai pekerjaan yang tetap. Peluang itu dilirik oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindag) Kota Kendari.

Menurut Kabid Koperasi, Nurlina, suatu wilayah apalagi yang mempunyai banyak warga miskin sangat rugi jika tidak mempunyai koperasi. Alasannya, jika dikelola dengan baik, koperasi bisa mengangkat derajat anggotanya. Dalam koperasi, beranekaragam usaha bisa dikembangkan, dari produksi barang sampai usaha simpan pinjam.

Untuk mendirikan koperasi, cukup mudah. Diantaranya, ada usaha yang akan dikembangkan, kemudian keanggotaanya minimal 25 orang. Jika telah terbentuk, yang paling utama adalah penunjukan ketua orang yang paham betul tentang Koperasi dan jujur. Nantinya, setiap tahun Koperasi mempunyai program pelatihan keterampilan manajemen. “Jika tidak punya keterampilan manajemen, bisa ikut pelatihan, “timpalnya.

Selain itu, urai perempuan berkerudung itu, ada bantuan modal yang diberikan Kementrian Koperasi dan UKM, yang anggarannya melalui APBN disalurkan dalam bentuk program Perkasa (Pemberdayaan perempuan sehat perkasa), dan pusat pembiayaan koperasi atau P3Kum.

Syarat mendapatkan bantuan ini, untuk koperasi primer minimal keanggotaannya 25 orang, bergerak dibidang produksi dan telah dua kali melakukan rapat anggota tahunan (RAT), penilaian cukup sehat dari audit konsultan independen.

Untuk pembentukan Koperasi, Nurlina berharap, warga Wowawanggu atau bisa dijembatani oleh Kelurahan untuk proaktif berkoordinasi dengan Disperindakop. Mengingat pihaknya akan sangat insten memberikan pembinaan dan pengelolaan koperasi kedepan. (cr7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s