Pilkada Butur Ditunda

Kendari,KP
Niat KPU Buton Utara (Butur) menggelar Pilkada tahun ini dipastikan kandas. Hasil konsultasi KPU Sultra ke KPU Pusat diputuskan, Pilkada Butur baru bisa digelar setelah Pemilu 2009.

Anggota KPU Sultra, Ir Mas’udi mengungkapkan, ada beberapa alasan yang menyebabkan KPU Pusat memutuskan untuk tidak menyetujui Pilkada Butur digelar tahun ini. Alasan utamanya adalah, jadwal, tahapan dan program Pilkada yang dibuat KPU Butur, melanggar Undang-undang Pemilu serta Undang-undang Pemerintahan Daerah.

Alasan lain, lanjut Mas’udi, KPU Pusat mengkhawatirkan program Pemilu di Butur akan terganggu karena penyelenggaraan Pilkada. “KPU Pusat tampaknya tidak mau mengambil resiko mengabaikan Pemilu demi Pilkada yang terkesan dipaksakan,” katanya via telepon seluler, kemarin. Dia menambahkan, putusan tertulis KPU Pusat soal penundaan Pilkada Butur tersebut baru akan dikirim KPU pusat melalui surat faksimile hari ini (22/9).

Dengan batalnya pelaksanaan Pilkada tahun ini, pemilihan orang nomor satu di Butur dipastikan baru akan berlangsung minimal tahun 2010 mendatang. Pasalnya, pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah melarang penyelenggaraan Pilkada di 2009 karena bertepatan momentum Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden.

Seperti diketahui, KPU Butur telah menjadwalkan Pilkada Butur digelar tahun ini. Meski begitu, suara-suara penolakan baik dari masyarakat Butur termasuk KPU Sultra langsung muncul ketika Suhuzu cs mempublikasikan jadwal Pilkada yang telah dibuat.(cr6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s