PWI dan AJI Kecam Wartawan “Bodrek” KPK

Andoolo, KP
Terungkapnya pemerasan kepada pejabat daerah, Kepalah Sekolah dan Kepala Desa yang dilakukan oleh oknum Wartawan KPK di Konawe Selatan mendapat apresiasi dari dua organisasi wartawan di Sultra yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Aliansi Jurnalis Independen (Aji) Kendari. Dua lembaga ini mengecam segala tindakan oleh oknum dengan mengatasnamakan wartawan untuk kemudian melakukan pemerasan kepada warga dengan dalih peliputan.

Ketua PWI Sultra, Drs Kusnadi mengatakan, tindakan oknum wartawan KPK melakukan permintaan sumbangan di setiap sekolah penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) di Konsel adalah bentuk kejahatan yakni dengan melakukan pemerasan dengan bertitelkan “Wartawan KPK”. Sebagai organisasi kewartawanan di Sultra, kami tidak menganggap oknum yang bersangkutan itu komunitas Wartawan, mengingat wartawan yang tergabung di PWI tidak terdaftar adanya wartawan yang bekerja di KPK.

“Wartawan yang dimaksud tidak benar, untuk itu kepada pihak kepolisian untuk menyelediki hal tersebut. Ini dimaksudkan agar kepada semua pihak mehami bahwa tugas wartawan itu adalah untuk mencari informasi untuk kemudian menyempaikan kepada publik, bukan dengan cara melakukan permintaan dalam bentuk apapun,”ujarnya kepada koran ini di Konsel, akhir pekan lalu.

Menurut Kabag Humas Setda Sultra itu, tindakan yang dilakukan oleh oknum wartawan KPK itu dengan menyodorkan sumbangan permintaan uang untuk kepentingan peliputan dan pengadaan kantor beserta ATK-nya boleh dikata pemerasan. Itu tidak dibenarkan dalam dunia jurnalis. “Disampaikan kepada seluruh pejabat baik yang ada di desa, sekolah, di daerah maupun di kota, jika menemukan wartawan demikian sebaiknya di laporkan kepada pihak organisasi wartawan atau kepada petugas. Kalau perlu, langsung ditangkap,” tandasnya.

Begitu juga dengan Sekretaris AJI Kendari Yuni Asri. Ia mengaku geram atas pengaduan masyarakat dengan banyaknya wartawan yang melakukan peliputan hingga di Desa tanpa sepengetahuan organoisasi wartawan. “Banyak wartawan yang bertugas di Konsel, tetapi identitas organisasi kewartawanannya, tidak kami ketahui. Untuk itu kelakukan oknum wartawan KPK itu sangat dikecam,” ujarnya.(era/ong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s