Remedial, Perbaikan Mutu Pembelajaran

Kendari, KP
Membantu siswa yang dianggap mengalami kesulitan dalam penguasaan  setiap materi pelajaran,SMPN 2 Kendari  selama Ramadhan ini melaksanakan remedial. Tujuannya, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah digariskan dalam kurikulum. Remedial juga diharap dapat meningkatkan kualitas hasil belajardan  mengajar.

“Remedial dirancang sedemikian rupa agar siswa dalam keadaan mekalsanakan puasa,  tak terbebani saat proses berlangsung. Selain itu, disesuaikan dengan kondisi para siswa,” ungkap Kepala  SMPN 2 Kendari, Mahdin SPd MPd, saat ditemui kemarin, Kamis (18/9).

Berkaiatan dengan itu,   remedial berfungsi untuk memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru, meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan masing-masing,  menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik, mempercepat penguasaan  terhadap materi pelajaran  dan membantu mengatasi kesulitan  dalam aspek sosial-pribadi. “Pelaksanaan remedial diserahkan sepenuhnya kepada guru masing-masing, sesuai kebutuhan siswa,” katanya.

Mantan dosen luar biasa Unhalu tahun 1997-1998 itu bahwa, perbedaan remedial dengan pembelajaran biasa terletak pada pendekatan yang digunakan dalam perencanaan. Direncanakan dan dilaksanakan berdasar pada kebutuhan individu atau kelompok. Dalam pembelajaran biasa menerapkan pendekatan klasikal, baik dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.

Guru dapat menerapkan berbagai metode dan media dengan kesulitan yang dihadapi untuk menyesuaikan tingkat kemampuan siswa serta menekankan pada segi daya serap siswa. (cr5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s