Sony Menangkan Balas Dendam

Tokyo, KP
Sony Dwi Kuncoro melengkapi perolehan gelar juara Jepang Open Super series 2008, setelah satu predikat jawara dari ganda campuran telah dipastikan sejak final diisi dua wakil Merah Putih.  Pemain asal PB Surya Naga Gudang Garam itu mengalahkan wakil Malaysia Lee Chong Wei 21-17, 21-11 pada final yang dihelat di Tokyo Metropolitan Gymnasium, kemarin (21/9). 

Kemenangan Sony itu sekaligus menjadi pembalasan kekalahan pada perempat final Olimpiade 2008 Beijing.  Di samping itu, Sony menggagalkan Chong Wei untuk memertahankan gelar juara di Negeri Sakura ini.  Predikat itu menjadi kali keduanya bagi pemain berperingkat keenam dunia itu dalam turnamen super series 2008.  Sebelumnya, dia menjuarai Indonesia Open Super Series 2008 Juni lalu.

Selain Sony, gelar kampiun disumbangkan pasangan baru ganda campuran Muhammad Rijal/Vita Marissa.  Unggulan kelima itu mengandaskan kompatriot (rekan senegara) Nova Widianto/Liliyana Natsir 14-21, 21-15, 21-19.  Kekalahan itu, diakui Nova, dikarenakan menurunnya permainan mereka pada game ketiga. “Kerja sama Vita dan Rijal cukup bagus.  Sewaktu Rijal tidak bisa mengatasi bola-bola lawan, Vita mampu mengatasinya,” ungkap Aryono Miranat, pelatih yang mendampingi pasangan tersebut.

Sayang wakil Indonesia dari ganda pria yang lolos ke final Muhammad Ahsan/Bona Septano gagal meneruskan kejutan yang sudah dicetak sebelumnya.  Pasangan muda yang berada di urutan ke-41 dunia itu harus mengakui unggulan kedua Lars Paaske/Jonas Rasmussen (Denmark) 21-17, 15-21, 21-13.

Langkah Ahsan/Bona melaju ke final diharapkan bisa mendongkrak kepercayaan diri sebagai pasangan muda pelatnas Cipayung itu.  Sebab, perolehan itu baru kali pertama dibukukan Ahsan/Bona dalam even super series.  Begitu pula bagi Rijal yang malah sudah menuai gelar juara.  Sayang, para pemain tunggal wanita dan pria belum mampu mencetak hasil menggembirakan.  Tommy Sugiarto dan Alamsyah Yunus tumbang padaa putaran kedua.  Malah di sektor wanita, Aprilia Yuswandari belum sempat merasakan atmosfer pertandingan di babak utama setelah tumbang di kualifikasi.

Setidaknya, bagi Indonesia hasil tersebut jauh lebih baik daripada perolehan tahun lalu. Kali ini, skuad Merah Putih mampu menuai dua gelar juara, sedangkan edisi lampau tak satupun gelar dibawa pulang oleh wakil Merah Putih.  (vem)

Hasil final Jepang Open Super Series 2008
Tunggal pria: Sony Dwi Kuncoro (Indonesia) v Lee Chong Wei (Malaysia) 21-17, 21-11.

Tunggal wanita: Wang Yihan (Tiongkok) v Zhou Mi (Hongkong) 21-19, 17-21, 21-15.

Ganda pria: Lars Paaske/Jonas Rasmussen (Denmark) v Muhammad Ahsan/Bona Septano 21-17, 15-21, 21-13.

Ganda wanita: Cheng Shu/Zhao Yunlei (Tiongkok) v Chin Eei Hui/Wong Pei Tty     21-19, 5-21, 21-18.

Ganda campuran: Muhammad Rijal/Vita Marissa (Indonesia) v Nova Widianto/Liliyana Natsir (Indonesia) 14-21, 21-15, 21-19.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s