0 Racing Santander v Real Madrid 2 .:. Belum Kebobolan Bikin Puas

Santander, KP
Kali pertama musim ini, Bernd Schuster lega dengan pencapaian timnya. Keinginan pelatih Real Madrid itu melihat Real memetik kemenangan tanpa harus kebobolan (clean sheet), terpenuhi usai menekuk Racing Santander 2-0 (0-0) di Estadio El Sardinero kemarin WIB.

Di dua laga sebelumnya di Liga Primera, klub asal ibu kota Spanyol itu menelan kekalahan 1-2 dari Deportivo La Coruna (31/8) dan menang 4-3 atas Numancia (14/9). Satu faktor yang membuat gawang Real tak mampu dibobol pemain Santander adalah kembalinya bek Timnas Italia Fabio Cannavaro.

“Kami juga lebih beruntung karena Racing Santander sempat menekan kami didalam 10 menit di awal dan akhir pertandingan. Secara keseluruhan, saya puas dengan tim kami dibandingkan laga sebelumnya,” tutur Schuster kepada CNN.

Selain Cannavaro, kemampuan individu pemain Real yang rata-rata jauh lebih baik dibandingkan tuan rumah membuat perbedaan. Itulah sebabnya Los Merengues (sebutan Real) bisa melesakkan dua gol. Sontekan Ruben de la Red membuahkan gol pertama pada menit ke-54 memanfaatkan penetrasi Gonzalo Higuain dari sisi kanan pertahanan Santander.

Real menggandakan kemenangan pada menit ke-74 berkat aksi Ruud van Nistelrooy. Ruudtje, sapaan akrab penyerang Real asal Belanda itu, menerima umpan panjang dari tengah, lalu dengan sekali kontrol dan mengecoh pemain belakang lawan, dia melesakkan tembakan keras ke sisi kanan kiper Santander Antonio Rodriguez Martinez alias Tono.

Donasi tiga poin atas Sanatander mengantarkan  Los Merengues terkatrol ke peringkat keenam dengan 6 poin. Laga berikutnya Real terbilang mudah karena hanya akan menghadapi juru kunci Sporting Gijon Rabu atau Kamis dini hari (25/9) WIB. “Kami memang bermain buruk di dua laga awal. Sekarang, kami sudah mulai improve dan harus terus meningkatkan kualitas permainan demi meraih posisi yang lebih baik di klasemen,” ungkap Ruudtje, seperti dikutip Soccernet.

Di sisi lain, kemenangan Real menyisakan masalah karena cedera yang dialami Jose Maria “Guti “Gutierrez. Gelandang yang baru saja menahbiskan diri sebagai pencetak gol ke-5000 Real itu diganti di babak kedua karena cedera trisep kiri. Cedera Guti membuat Schuster sedikit cemas karena stok lini tengah Real terancam krisis.

Sebelumnya, Fernando Gago divonis absen empat pekan gara-gara cedera otot bisep saat lawan BATE Borisov di laga perdana grup H Liga Champions (17/9). Satu gelandang Real lainnya, Wesley Sneijder, masih dalam pemulihan cedera meski sudah ikut berlatih.

Kabarnya, playmaker Timnas Rusia dan Zenit St. Petersburg Andrei Arshavin masuk dalam bidikan Real di bursa transfer musim dingin pada Januari 2009 nanti. Itu setelah agen Arshavin, Dennis Lachter, terlihat di Madrid sejak akhir pekan lalu. Lachter disinyalir tengah bernegosiasi dengan Presiden Real Ramon Calderon dan Direktur Olahraga Real Pedja Mijatovic perihal kemungkinan transfer Arshavin yang dibanderol 30 juta euro atau sekitar Rp 407,7 miliar.  (dns)

STATISTIK PERTANDINGAN
Racing Santander                   Real Madrid
2               Tembakan ke Gawang          3
11               Tembakan Melencang        6
1                     Penyelamatan                2
10                      Sepak Pojok                4
1                            Offside                    1
0                        Kartu Kuning               5
0                        Kartu Merah                 0
19                      Pelanggaran                16
44%                Penguasaan Bola         57%

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s