1 Sporting Gijon v Barcelona 6 .:. Kemenangang Pertama

Barcelona, KP
Kebuntuan Barcelona di Liga Primera Spanyol musim ini berakhir. El Barca, sebutan Barcelona, memetik kemenangan pertama (primero victoria) dengan membantai tuan rumah Sporting Gijon 6-1 (2-0) di Stadion El Molinon dini hari kemarin (22/9) WIB. Itu adalah tiga poin pertama Barcelona setelah di dua laga sebelumnya harus puas dengan sekali seri dan sekali kalah.

Barca yang sebelumnya terjerembab di urutan ketiga dari bawah, merangsek ke papan tengah. Tepatnya di peringkat kesembilan dengan 4 poin. Hanya tertinggal tiga poin dari Valencia yang memuncaki klasemen sementara usai mengalahkan Osasuna 1-0 di Mestalla.

Kemenangan pertama Barca seolah menjawab keraguan tentang kemampuan sang pelatih, Josep “Pep” Guardiola. Maklum Guardiola yang menggantikan posisi Frank Rijkaard itu masih minim pengalaman mengingat sebelumnya pelatih 37 tahun itu hanya mengarsiteki Barcelona B (junior).

“Lega rasanya meraih kemenangan pertama. Ini adalah tiga poin yang vital dan saya yakin kami akan meraih hasil lebih baik kedepannya,” kata Guardiola sebagaimana dilansir AFP.

Guardiola yang mantan bintang Barcelona dan Timnas Spanyol dekade 1990-an itu menilai kemenangan timnya tak lepas dari keberhasilan mencetak gol lebih dulu. “Kami jadi lebih mudah mengontrol permainan dan para pemain menunjukkan determinasinya hingga 90 menit,” tambahnya.

Gelandang Barcelona yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Euro 2008, Xavi Hernandez, membuka kemenangan Barca pada menit ke-27. Andreas Iniesta, yang dimainkan sebagai penyerang sayap menggantikan Thierry Henry, mengirim umpan akurat yang dimaksimalkan Xavi lewat heading sambil menjatuhkan diri.

Kolaborasi kedua punggawa Timnas Spanyol itu seolah mengingatkan gol ketiga Barcelona saat menang 3-1 atas Sporting Lisbon di ajang Liga Champions pekan lalu (16/9). Selang enam menit, tim tamu mencetak gol kedua lewat Samuel Eto’o. Lagi-lagi lewat sundulan dan menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Saat babak kedua baru berjalan empat menit, Barca kembali menambah gol akibat blunder Jose Garcia Torre saat coba menghalu bola dari sepak pojok. Gijon yang kalah di dua laga sebelumnya dan kini tetap menjadi juru kunci, cepat bangkit dan memperkecil kedudukan semenit kemudian lewat gol Francisco Jose Maldonado.

Sayang, upaya Rojiblancos (sebutan Gijon) membuat skor 2-2 pupus setelah kehilang satu pemain karena bek Gerard Serrabasa diusir wasit di menit ke-57. Dengan hanya 10 pemain, Blaugrana (sebutan lain Barcelona) mudah mengobrak-abrik pertahanan tuan rumah dan mencetak tiga gol tambahan.

Masing-masing lewat pergerakan indah Iniesta yang diakhiri dengan gol pada menit ke-70 serta dua gol dari Lionel Messi pada menit ke-85 dan 89. “Saya sudah yakin sejak awal jika kemenangan yang kami harapkan akan datang. Iti hanya masalah waktu,” ucap Messi yang kini telah mengoleksi tiga gol di Liga Primera musim ini kepada Fox Sports.

Kemenangan pertama Barcelona sekaligus disambut antusias oleh sang presiden, Joan Laporta. Selain memuji penampilan brilian Carlos Puyol dkk, Laporta senang dengan kebijakan Guardiola yang memberikan kepercayaan kepada para pemain muda dari Barcelona B. Salah satunya adalah gelandang 20 tahun Sergi Busquets yang tampil sebagai starter lawan Gijon.

“Pep (Guardiola) menunjukkan bahwa kinerjanya di Barcelona B musim lalu tak sia-sia karena ada delapan pemain muda yang dimasukkannya di tim utama saat ini,” kata Laporta kepada Marca. (dns)

STATISTIK PERTANDINGAN

Sporting Gijon                  Barcelona
2    Tembakan Ke Gawang     8
3    Tembakan Melenceng    15
3    Penyelamatan                 1
3    Sepak Pojok                  14
0    Offside                           0
2    Kartu Kuning                  0
1    Kartu Merah                   0
16  Pelanggaran                   8
32% Penguasaan Bola        68%

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s