10 Anggota Komisi II DPR RI Berkunjung di Buton

Baubau, KP
Bupati Buton, Ir LM H Sjafei Kahar terus melakukan lobi-lobi di Jakarta guna memuluskan pemekaran Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel) serta Provinsi Buton Raya. Hasilnya tidak sia-sia. Usai tim Depdagri dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berkunjung di Buteng, Busel dan Buton Raya, kini giliran 10 anggota komisi II DPR RI yang akan meninjau tiga calon daerah otonom baru tersebut.

Kepastian ini diungkapkan langsung Gandid Sioni, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Pemkab Buton via ponselnya dari Jakarta, semalam. Menurut Gandid, kepastian kunjungan 10 anggota DPR RI itu setelah Bupati Buton, LM Sjafei Kahar menemui langsung EE Mangindaan, Ketua Komisi II DPR RI di ruang kerjanya, kemarin. Dari pertemuan tersebut, Mangindaan merekomendasikan 10 anggotanya untuk melakukan kunjungan di Buton dan Baubau mulai tanggal 26-28 September nanti.
Selama dua hari, 10 wakil rakyat di Senayan yang dikoordinir Drs H Eka Santosa, wakil ketua komisi II DPR RI itu memiliki beberapa agenda penting.

Khusus di Baubau, mereka akan meninjau Baubau yang dipersiapkan sebagai calon ibukota Provinsi Buton Raya. Sedangkan di Kabupaten Buton agenda mereka adalah mengunjungi kecamatan Sampolawa dan Batauga sebagai calon ibukota kabupaten Buton Selatan, serta kecamatan Sangia Wambulu, Gu, Mawasangka dan kecamatan Lakudo sebagai bagian calon wilayah kabupaten Buton Tengah.

Selain itu, agenda 10 anggota legislatif asal senayan ini adalah mengadakan pertemuan dengan seluruh kepala daerah yang masuk dalam cakupan wilayah Buton Raya di gedung Pancasila, kota Baubau. “Dalam pertemuan ini, juga turut diundang unsur Muspida, DPRD, Kepala SKPD (satuan kerja perangkat daerah), tokoh masyarakat dan pemuda, pimpinan universitas serta semua unsur lain yang masuk dalam wilayah Buton Raya,” kata Gandid.

La Ode Djeni Hasmar, anggota DPR RI asal Sultra juga membenarkan kunjungan 10 rekannya asal senayan tersebut. Menurut Djeni kehadiran 10 anggota komisi II DPR RI itu mencerminkan 10 fraksi yang ada di komisi II. Agenda mereka adalah  meninjau langsung persiapan pemekaran Busel, Buteng dan Buton Raya yang persiapannya secara administasi sudah memenuhi syarat untuk menjadi suatu daerah otonom.  “Saya juga akan hadir bersama mereka, namun kapasitas saya bukan sebagai bagian dari komisi II DPR melainkan sebagai pemrakarsa usul inisiatif,” tutur Djeni via ponselnya, semalam.(nur/ong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s