Besok, PNS Pemkot Gajian Oktober .:. Rp 16 M Saat Lebaran

Kendari, KP
Ramadhan tahun ini menjadi berkah besar bagi para pegawai, khususnya di Pemkot Kendari. Periode September 2008, mereka dipastikan menerima gaji dua kali. Gaji yang akan dibayarkan Rabu (24/9) itu adalah upah yang harusnya diterima awal Oktober. Tapi karena bertepatan dengan hari libur Idul Fitri, maka dipilih tanggal mundur bukan pekan kedua Oktober.

Kepastian pembayaran insentif ini kembali disampaikan Wali Kota Ir Asrun, yang ditemui seusai menggelar buka puasa bersama di Rujab Wali Kota, Minggu (21/9) lalu. Mantan Kadis Tata Kota dan Bangunan itu, kebijakan tersebut sesuai surat edaran menteri keuangan tentang percepatan pembayaran gaji PNS sebelum masa lebaran tiba.

“Insya Allah, 24 atau 25 PNS sudah gajian,” tegas Ir Asrun. Dalam kesempatan itu, pengganti Masyhur Masie Abunawas ini menepis bila Pemkot memberikan Tunjangan Hari raya (THR) seperti lazimnya pegawai BUMN maupun swasta.

Menurut Ir Asrun bagi PNS tidak diatur adanya pembayaran THR, adapun setiap bingkisan berupa paket lebaran yang diterima setiap personil Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) merupakan inisiatif dari masing-masing kepala dinas maupun badan.

Di tempat yang sama, Kadis Pendapatan pengelolaan keuangan dan aset daerah (DPPKAD), Amarullah, M,Si. menuturkan alokasi anggaran untuk pembayaran gaji PNS ini mencapai nilai Rp 16 Miliar. “Pembiayaan bersumber dari Dana alokasi umum (DAU) dengan total PNS berjumlah 7000-an,” terangnya.

Lazimnya kata Amarullah, Pemkot setiap bulan membayar sekitar Rp 16 M gaji dari berbagai golongan dan eselon. Bila selama ini gaji biasanya dibayarkan setiap tanggal 1 bulan berjalan. Maka lanjut dia insentif dapat dibayarkan melalui bendahara masing-masing SKPD yang sebelumnya mengambil dana di salah satu bank BUMN.

Kebijakan Wali kota ini disambut penuh suka cita para PNS lingkup pemkot. “Alhamdulillah, kebutuhan akan lebaran dapat terpenuhi,” ujar seorang PNS yang bertugas di Dina Pendidikan Kota Kendari, dengan penuh gembira tapi meminta namanya tidak dikorankan.(cr4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s