BI Siapkan Dana Rp 500 Miliar

Kendari,KP
Lebaran tahun ini Bank Indonesia (BI) Kendari, menyediakan stok uang untuk diedarkan  Rp  500 miliar. Jumlah tersebut dipersiapkan  Ramadhan hingga usai lebaran nanti. Jumlah ini  diprediksi  mencukupi kebutuhan.

Deputi bidang moneter dan ekonomi perbankan BI Kendari, Sabil SE mengaku, beberapa hari  lalu stok sempat menipis, yakni tidak mencukupi Rp 200 miliar. Kemudian BI mengusul ke Makasar untuk diberikan tambahan.

“Kini didatangkan Rp 300 miliar lebih. Berapapun dibutuhkan masyarakat dana tersedia,” terangnya yang didampingi La Muttar, staf  seksi operasional kas BI Kendari kemarin.

Dana tersebut untuk kebutuhan pengambilan dari bank -bank yang ada di masyarakat. Yakni dalam penukaran uang, baik melalui layanan penukaran uang di BI, ataupun  melalui kas keliling di pusat keramaian dan pasar tradisional. Apalagi saat ini DAK (Dana Alokasi Khusus -red), Sultra semakin tinggi, sehingga kebutuhan uang semakin banyak.  Hal ini setelah adanya pemekaran di dua daerah di Sultra. “Dengan tingginya DAK dari pemerintah, otomatis uang juga harus tersedia,” katanya.

Setiap awal tahun BI tentunya telah mengajukan Rencana Distribusi Uang (RDU). Namun  RDU yang diajukan BI Kendari  minim. Pasalnya hingga September, penyaluran uang sudah mencapai 90 persen dari terget. Sementara tahun 2008 masih tiga bulan lagi. Untuk itu BI Kendari mengajukan penambahan. Bahkan tahun 2009 RDU akan dinaikkan 20 persen dari sebelumnya. (lis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s