Chris John Dipanggil Polda .:. Buntut dari Pengaduan Soeryo Goeritno

Jakarta, KP
Keinginan Chris John Manajemen (CM) agar proses hukum terhadap Chris John dan pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian, ditunda dulu hingga juara dunia kelas Bulu (57,1 kg) versi WBA itu usai menjalani pertarungan wajib (mandatory fight) melawan Hiroyuki Enoki (Jepang) pada 24 Oktober mendatang, di Korakuen Hall, Tokyo – Jepang, mendapat respon positif dari pemerintah.

Pemerintah berharap Chris John bisa mempertahankan gelarnya yang ke sepuluh kali. Mempertahankan gelar kali ini memiliki makna penting. Selain petinju berjuluk The Dragon itu menjadi satu-satunya petinju Indonesia yang masih bergelar juara dunia, kemenangan Chris nanti juga bakal menorehkan sejarah yang amat menggembirakan bagi bangsa Indonesia. Badan tinju tertua di dunia – WBA – akan memberikan apresiasi berupa gelar Super Champions bagi Chris karena mampu mempertahankan gelar juaranya sebanyak 10 kali secara berturut-turut.

Namun harapan pemerintah itu bisa saja berantakan karena masalah non-teknis. Masalah non-teknis yang memang dikhawatirkan bisa berpengaruh buruk terhadap Chris John itu adalah perkara hukum yang diadukan promotor RM Soeryo Goeritno terhadap Chris dan pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian. Keduanya diadukan Soeryo ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan penipuan. Hal ini terkait dengan batalnya Soeryo menggelar pertarungan pilihan (choice) Chris John melawan Jackson Asiku (Australia) pada 27 Juli lalu di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol – Jakarta.

Pemerintah melalui Menpora menghargai proses hukum yang dilakukan promotor. Namun ia juga berharap agar proses hukum tersebut tidak mengganggu konsentrasi Chris John yang saat ini sedang digembleng dalam latihan-latihan keras oleh pelatihnya, Craig Christian, di Harry’s Gym, Perth – Australia.

Untuk itu Menpora akan  menugaskan kepada Badan Pengawas dan Pengendalian Olahraga Profesional Indonesia (BP2OPI) untuk menjadi penengah guna mencari solusi terbaik. Paling tidak, agar konstrasi persiapan Chris tidak terganggu, proses hukum tersebut bisa ditunda hingga petinju asal Banjarnegara, Jateng itu usai melakukan pertarungan wajibnya di Jepang nanti.

Sementara proses hukum atas pengaduan Soeryo Goeritno kepada Chris John dan Craig Christian sudah dimulai kemarin. Hal ini terlihat dengan telah dipanggilnya Kabid Hukum BP2OPI, Haryo Yunarto, dan Ketua KTI Pusat, Anton Sihombing, untuk dimintai keterangan oleh petugas Polda Metro Jaya, kemarin. Keduanya dipanggil untuk dimintai keterangannya dalam kapasitasnya sebagai saksi. Sayangnya kedua saksi tersebut belum bisa memenuhi panggilan.

‘’Saya tidak bisa memenuhi panggilan Polda Metro Jaya karena jadwal kegiatan saya padat. Saya minta ditunda hingga Rabu lusa (24/9),’’ kata Haryo Yunarto kepada Kendari Pos di Jakarta, kemarin.

Ia sendiri belum bisa memberikan komentarnya terkait dengan pengaduan Soeryo kepada Chris dan Craig karena belum tahu persis persoalannya. ‘’Saya akan mempelajari dulu, apa sebenarnya isi dari pengaduan pak Soeryo yang disampaikan ke Polda Metro Jaya itu,’’ kata Haryo.

Namun ia juga sepakat dengan Menpora agar proses hukum tersebut jangan sampai mengganggu persiapan Chris John. ‘’Ya, kita memang mengharapkan Chris John tidak terganggu oleh tindakan pengaduan pak Soeryo itu. Tetapi kita juga harus menghormati proses hukum yang ditempuh pak Soeryo. Dalam masalah ini, BP2OPI sebagai penengah akan mencari sulusi terbaik. Agar dua-duanya tidak dirugikan,’’ ujarnya.

Sementara asisten manajer Chris John Manajemen (CM) Tonny Priatna mengakui, telah menerima surat panggilan dari Polda Metro Jaya yang ditujukan kepada Chris John. Dalam surat panggilan itu, Chris diminta datang ke Polda Metro Jaya pada Jumat (26/9) mendatang untuk dimintai keterangannya.

Pihak CM pun telah merespon panggilan tersebut. Namun demi tidak mengganggu persiapan Chris di Australia, CM telah menunjuk Zakaria Ginting sebagai pengacara Chris. ‘’Kita sepakat untuk menunjuk pengacara mewakili Chris,’’ terang Tonny. (pen/ado)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s