Fadel Ancam Gugat Aksa dan Firman

Jakarta,KP
Pertemuan dialogis antara Fadel Muhammad dan Jusuf Kalla kemarin, yang diharapkan dapat meredakan ketegangan internal Partai Golkar, situasi lain justru meningkatkan tensi konflik.

Misalnya, Farhat Abbas yang ditunjuk sebagai kuasa hukum Fadel mengaku sedang menyusun gugatan pidana dan perdata terhadap ipar Jusuf Kalla, Aksa Mahmud. Menurut Farhat, Aksa diduga telah mencemarkan nama baik, berbuat tidak menyenangkan, dan menodai kehormatan Fadel sebagai pejabat negara (gubernur, Red).

Bertempat di rumah dinas Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Laode Ida, Jalan Denpasar Raya 10, Farhat dan sejumlah tokoh pendiri Gerakan Solidaritas Kebangkitan Ekonomi Kawasan Timur Indonesia (Tata KTI) menggelar jumpa pers. Aksa dinilai telah menyebarkan berita bohong tentang masa lalu Fadel yang dimuat di sejumlah media.

”Kami akan memerkarakan orang yang menyerang Pak Fadel secara pribadi,” ujarnya seraya membeberkan bukti kliping koran yang memuat berita dan pernyataan Aksa Mahmud.

Dalam pemberitaan itu Aksa mengungkapkan bahwa Fadel pernah disekolahkan, tinggal di rumah, dan dibangunkan rumah oleh Jusuf Kalla ketika belum menjadi pengusaha.

Semua pernyataan Aksa itu telah dibantah gubernur Gorontalo tersebut. Kliennya, tegas Farhat, mengaku bahwa pernyataan Aksa itu tidak benar. Bahkan, cenderung fitnah yang mengarah ke pencemaran nama baik.

”Karena itu, kami akan menggunakan pasal 310 dan 311 KUHP,” tambahnya. Dia juga berencana melaporkan Aksa ke Mabes Polri hari iniĀ  (23/9).

Farhat juga mengaku telah mengantongi surat kuasa dari Fadel tertanggal 18 September 2008. Surat kuasa tersebut mengamanatkan kepada kantor pengacara Farhat Abbas untuk melakukan gugatan pidana dan perdata. ”Sampai hari ini kuasa itu belum dicabut,” katanya. Namun, dia menyatakan akan menunggu hasil pertemuan JK dengan Fadel hari ini sebelum melanjutkan gugatan.

Selain itu, Fadel akan melaporkan Ketua Harian II Badan Pengendalian Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Firman Subagyo dengan tuduhan yang sama. Dalam pemberitaan yang dimuat salah satu koran nasional, Firman mengatakan, Fadel tidak dewasa dalam berpolitik. Fadel dinilai melakukan perlawanan saat pencalegannya ditolak.

Menanggapi rencana gugatan tersebut, Aksa tadi malam (21/9) tidak mau berkomentar banyak. Dia menyatakan akan berada di luar konflik antara JK dan Fadel. ”Biarkan saja. Saya siap kalau mau digugat,” tegas Aksa yang saat dihubungi sedang umrah.

Di tempat terpisah Firman Subagyo juga menyatakan kesiapannya menghadapi gugatan Fadel. Dia menegaskan, pernyataannya di sejumlah media massa itu merupakan konsekuensi sebagai ketua DPP Partai Golkar. ”Jadi, semuanya sesuai AD/ART partai. Tidak ada hubungannya dengan pribadi-pribadi,” tandasnya. (cak/mk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s