Gigi Sensitif, Enamel Menipis .:. Pasta Gigi Khusus Hanya Menaikkan Ambang Nyeri

GIGI ngilu saat menenggak minuman dingin atau panas tak bisa dibiarkan. Bisa jadi, sensasi itu muncul lantaran mutiara mulut mulai sensitif. Gigi pun peka terhadap rangsangan. Alhasil, mengonsumsi makanan atau minuman menjadi tak nyaman.

Menurut drg Rudi M. Comentas dari Klinik Kecantikan Gigi D-Arts, pekanya si penghuni mulut tersebut akibat email atau enamel gigi yang mulai terkikis. Email merupakan lapisan gigi terluar. Itu adalah garda depan pelindung dentin dan rongga pulpa yang berisi pembuluh darah, saraf, serta pembuluh limfe.

Email yang menipis membuat rangsangan mudah menerobos dan menyentuh dentin. Padahal, lapisan kedua itu mempunyai saluran langsung ke rongga pulpa. Maka, begitu tersentuh rangsangan, pembuluh-pembuluh saraf di pulpa pun beraksi. Saraf akan memberikan sensasi seperti sengatan listrik yang meski terjadi sejenak, cukup mengagetkan. ”Sengatan akan hilang begitu paparan suhu hilang,” jelas pria asal Banjarmasin tersebut. Rangsangan tidak hanya berupa suhu ekstrem, panas atau dingin. Tetapi, juga makanan atau minuman terlalu manis dan masam.

Penipisan enamel itu bisa akibat bermacam aktivitas. Misalnya, cara menyikat gigi yang salah ataupun menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat terlalu keras.

Penipisan email bukan satu-satunya penyebab gigi sensitif. ”Abrasi pada leher gigi juga menyulut munculnya sensasi ngilu sesaat ini,” katanya. Leher gigi merupakan area perbatasan antara mahkota dan akar gigi. Ketika area tersebut mengalami abrasi, gusi menurun sehingga akar gigi yang hanya berlapis dentin tidak lagi terlindungi. Seperti halnya kasus penipisan enamel, ketika dentin terkena rangsang, saraf langsung memberikan reaksi kejut.

Gigi yang sensitif biasanya bakal atau telah berlubang. Solusinya, bagian yang sensitif itu harus cepat-cepat ditambal supaya tak semakin parah. Bila sudah berlubang dan melebar, ada kemungkinan terjelek. Yakni, lubang tersebut akan menuju saluran pulpa. ”Kalau sudah begini, perawatanya tak sekadar ditutup. Tetapi, harus dilakukan perawatan saluran pulpa,” terang Rudi.

Menggunakan pasta gigi dengan bahan tertentu tidak cukup mengatasi gigi sensitif. Bahan pada pasta gigi itu hanya melapisi dan menaikkan nilai ambang batas nyeri. Namun, persoalannya belum dituntaskan. ”Menaikkan nilai ambang batas nyeri itu, maksudnya, gigi biasanya terasa nyeri saat minum satu gelas air dingin. Maka, ketika menggunakan pasta gigi khusus, gigi baru terasa linu setelah minum lima gelas air dingin,” urainya.

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka, cegah supaya gigi tak sensitif sejak dini. Caranya? ”Sikat gigi yang benar. Dan rawat gigi secara rutin setiap 4-6 bulan sekali,” ujarnya. (ign/nda)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s