Hari Ini, Gladi PAM Lebaran dan RI I Digelar

Kendari, KP
Rencana kedatangan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono membuat pihak kepolisian menyiapkan diri lebih kuat demi pengamanan. Untuk kepentingan itu, Polda Sultra bersama jajaran hari ini direncanakan akan melakukan geladi yang dipusatkan di Mapolda Sultra. Selain gladi PAM untuk presiden, sore hari ini juga akan dilaksanakan gladi PAM Lebaran.

Kapolresta Kendari AKBP Amran Ampulembang menjelaskan kedatangan orang nomor satu Indonesia di Kendari tinggal beberapa hari lagi. Untuk keamanannya Polda Sultra akan melaksanakan gladi resik bagaimana pengamanan di bandara hingga di melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah di masjid Al-Kautsar.

Tentang metode pengamanannya, orang nomor satu di Polresta Kendari belum tahu persis. Ia hanya menghimbau masyarakat yang ada di Kendari dan sekitarnya untuk memelihara keamanan saat presiden ada di Kendari.

Sementara geladi pengamanan mudik dan arus balik, pihak Polresta Kendari rencananya bersama personil Polda Sultra akan melaksanakan geladi PAM lebaran di lokasi eks MTQ sore hari.

Daerah-daerah yang dianggap rawan kata Amran akan menjadi perhatian khusus dalam pengamanan mudik dan arus balik.

Seperti di terminal dan daerah yang sangat rawan terjadi kemacetan dan tindak kriminal. Diharapkan kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik dan balik untuk memperhatikan barang dan keselamatannya.

Sudah cukup banyak kasus yang terjadi saat yang sedang mudik alias pulang kampung. “Jangan terlena saat berada di terminal dan tempat yang lainnya karena kejatan terjadi tidak memandang ada petugas keamanan atau tidak,” pungkasnya sembari menambahkan dalam operasi ketupat yang setiap tahun dilaksanakan akan melibatkan seluruh fungsi dari kesatuan kepolisian dan ditambah dengan organisasi kemasyarakatan.

Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polresta Kendari, AKP Satya Widhy W SIk menjelaskan ada delapan titik rawan terjadi kemacetan di Kendari. Daerah rawan yang dimaksud seperti jalur Kendari-Konda, Punggolaka-Puwatu. Sedangkan delapan Poskotik yang rencananya akan didirikan.

Lokasinya diantaranya, Pos Lantas Pasar Wuawua, Simpang siur, Puwatu, bandara dan Pelabuhan Kendari. Dalam operasi kali ini selain fungsi yang ada di Polresta Kendari dilibatkan, dari instansi lain juga akan dilibatkan seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

“Mungkin ada mobil khusus dari dua dinas tersebut akan disediakan dan ada juga mobil Lantas yang mobail setiap hari,” katanya.  Untuk anggota lantas Polresta Kendari tidak diliburkan karena mereka akan melakukan tugas pengamanan lalulintas. (cr1/cr2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s