Jaksa Diharamkan Terima Parsel

Kendari, KP
Bagi seorang pejabat pemerintah apalagi yang mengelola dana besar, tentu lumrah jika berkawan dengan jaksa atau aparat penegak hukum lainnya. Kalau sewaktu-waktu tersandung masalah, lalu berharap sedikit pertolongan, minimal informasi, tentu tidaklah salah.

Kalau menjelang lebaran seperti ini, salah satu ungkapan pertemanan itu adalah melalui kartu ucapan atau malah hadiah lebaran atau lazim disebut parsel. Tapi jaksa sudah membangun tembok untuk masalah itu. Korps Adhyaksa itu mewanti-wanti anggotanya untuk tidak menerima bingkisan apapun dari pejabat atau siapap saja, apalagi yang berhubungan dengan sebuah perkara. Hukumnya haram.

Langkah tersebut bukannya tanpa alasan, kata Wakajati AK Basuni, instruksi KPK sudah jelas adanya imbauan supaya pejabat negara tidak menerima parsel senilai di atas Rp 1 juta. “Kalau parselnya senilai Rp 5-10 juta, yah bukan parsel namanya. Itu jelas jadi tanda tanya, apalagi yang kirim adalah orang yang terkait dengan perkara yang ditangani kejaksaan ataupun polisi. Ini yang tidak boleh karena ada kaitannya dengan gratifikasi, bahkan penyuapan namanya,” tukas Wakajati, kemarin.

Meski demikian, imbauan KPK yang melarang pejabat negara menerima parsel di atas Rp 1 juta belum devinitif dalam UU. Artinya, ujar Mantan Adpidsus Jawa Barat ini, siapapun termasuk di dalamnya jaksa masih bisa menerima pemberian parsel senilai Rp 500 ribu dari rekan kerja atau pihak lain tanpa maksud mengikat.

“Jangan mematikan perusahaan kecil (parsel red), jaksa boleh terima parsel asal wajar dan bukan setumpuk uang. Yang jelas orang yang kasih tidak ada hubungannya dengan perkara. Kan aneh orang yang tidak saya kenal kasih parsel, pasti saya tanya Apidsus,” pungkas AK Basuni.(emi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s