KPU Sultra Diperintahkan “Ajari” KPU Butur

Kendari,KP
Tertundanya pelaksanaan Pilkada Buton Utara menunjukkan ketidaksiapan pelaksananya yakni KPU Butur. Hal itu nampaknya menjadi salah satu alasan KPU Pusat menolak jadwal Pilkada Butur tahun ini. Bahkan, KPU Pusat menginstruksikan KPU Sultra untuk “mengajari” penyelenggaraan Pilkada bagi KPU Butur.

Perintah KPU Pusat itu menjadi salah satu poin yang tertuang dalam surat bernomor 2713/15/IX/2008 yang ditandatangani langsung Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary. Surat tersebut tidak lain adalah surat KPU Pusat perihal penundaan pelaksanaan Pilkada Butur.

Dalam surat itu, KPU Pusat meminta KPU Sultra untuk melakukan supervisi dan bimbingan teknis pelaksanaan Pilkada di Butur. Hal ini menyusul keluarnya jadwal Pilkada Butur yang dinilai KPU Pusat tidak memenuhi syarat.

Dalam sebelumnya, KPU Pusat menyebutkan alasan penundaan Pilkada Butur. Poin pertama, untuk melaksanakan Pilkada sesuai Peraturan Pemerintah nomor 6 tahun 2005, masa pemberitahuan secara tertulis harus dilakukan lima bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Kepala Daerah. Poin berikutnya, KPU Pusat lalu memutuskan untuk menunda Pilkada Butur dan baru bisa dilaksanakan selepas Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009 mendatang.(cr6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s