Bank Libur Sepekan .:. Hanya ATM yang Siaga

Kendari, KP
Bagi nasabah yang ingin berusan dengan bank, hingga 29  September segera diselesaikan. Pasalnya  30 September nanti, bank-bank resmi tidak beroperasi. Hal ini berlaku secara nasional. Bank akan  melayani nasabah kembali pada 6 Oktober.

Deputi Pemibinan BI Kendari bidang moneter dan ekonomi perbankan, Sabil SE menjelaskan, bila  libur berlaku untuk seluruh bank. Mereka mengikuti BI, baik dalam hal pelayanan kas atau aktifitas yang lainnya.

Bank baru akan buka kembali secara normal pada 6 Oktober. Artinya, bank libur selama tujuh hari berturut-turut. Hingga masa itu, segala transaksi perbankan seperti penerimaan dana, penarikan dana, kliring, serta transfer melalui Real Time Gross Settlement (RTGS) akan berjalan secara terbatas. Bank menyebutnya dengan istilah window time. “Makanya bagi yang ingin melakukan kliring ataupun urusan lain dengan bank, segera di selesaikan hingga 29 september. Karena tanggal 30 September bank libur. Kami akan aktif kembali pada 6 Oktober,” terangnya kemarin.

Hal tersebut sudah diumumkan ke seluruh bank di Sultra. Bils ada bank yang buka tidak sesuai ketetapan, akan melapor ke BI. Setelah BI memberikan izin, mereka bisa beroperasi. “Biasanya  BPD buka terlebih dulu karena mereka melayani gaji PNS. Termasuk Bank Mandiri, karena mereka ada kegiatan juga. Tapi itu  pengalaman tahun sebelumnya. Kalau tahun ini, hingga saat ini belum ada laporan ke BI,” paparnya.

Meskipun bank libur, tapi kalau masalah pengambilan uang, tentunya bisa dilayani melalui Automatic Transaction Mechine (ATM), sehingga masyarakat tiadak perlu khawatir.  Apalagi ATM di Kota Kendari sudah banyak. Semua bank tentunya sudah mengantisipasi sebelumnya. Petugas ATM pun selalu siaga.
Sementara itu, menurut Direktur Umum BPD Sultra, Alimudin, jika BPD tahun ini tetap memberlakukan libur seperti ketentuan BI. “Meskipun BPD melayani pembayaran gaji PNS, tapi mereka akan menerima pada 25 September nanti. Sehingga libur ini, tidak berpengaruh bagi mereka,” katanya. (lis/awl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s