Cukup Air, Jaga Kelembapan Kulit

CAIRAN menjadi kunci penting untuk kecantikan kulit. Kekurangan zat tersebut, kulit akan terlihat kering dan kusam. Itulah yang menjadi problem saat puasa. Sebab, dibanding hari biasa, asupan air cenderung berkurang. ”Tapi, kendala ini bisa diatasi,” ujar dr Hendra, konsultan House of Beauty Clinique Surabaya.

Setidaknya, kata dia, dibutuhkan 2,5 liter pasokan cairan dalam sehari agar kulit lembap dan sehat. Suplai tersebut tetap bisa dipenuhi kendati berpuasa. Hanya, bila dibandingkan dengan bulan lain, frekuensi konsumsi cairan saat ini lebih ditingkatkan. Mengingat waktu makan lebih pendek, saat buka hingga imsak. ”Minumnya boleh sedikit-sedikit tapi sering supaya asupan air mencapai 2,5 liter,” ulasnya.

Kebutuhan cairan memang bisa didapat dari apa saja. Mulai teh manis maupun minuman isotonik. Namun, bagaimanapun, Hendra menyarankan tetap mengutamakan air putih. Minuman berasa atau jenis lain mempunyai kandungan zat-zat yang bila dikonsumsi berlebih bisa berefek pada organ tertentu. Lain halnya dengan air putih. Cairan itu juga bermanfaat sebagai penyeimbang cairan di dalam tubuh. Selain menenggak cukup air, memoleskan pelembap ke kulit ikut membantu.

Perawatan rutin, jelas Handra, tak boleh lupa dilakukan. Di bulan kemarau seperti ini, setidaknya kulit wajah harus lebih sering dibersihkan. Tujuannya, debu dan polutan yang didapat di jalanan tidak membuat kulit bertambah kusam.

Yang juga tak kalah penting, mengaplikasikan tabir surya (sunblock). Bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar ruang, pemakaian tabir surya wajib hukumnya. Hendra mengingatkan, tabir surya tidak bertahan selama sehari penuh. Produk itu harus diaplikasikan berulang. ”Pulaskan tabir surya lagi setelah membersihkan wajah,” jelas pria 30 tahun itu. (ign/nda)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s