Diduga, Caleg di Konut Berijazah Aspal

Wanggudu, KP
Mungkin inilah gambaran menuju legislatif. Belum juga terpilih menjadi wakil rakyat, namun beberapa tindakan yang mengindikasikan penipuan sudah dilakukan. Buktinya, beberapa berkas yang masuk di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara (Konut) berstatus asli tapi palsu (Aspal).

Busran Halik, anggota KPU Konut mengatakan, pihaknya menemukan sedikitnya ada belasan Caleg yang terindikasi berijazah palsu. Alasannya, kesesuaian data pada tiap jenjang pendidikan pemiliknya tidak sama. “Ada sekitar 11 orang yang ditemukan dan itu tidak bisa ditolerir. Yang jelas, secara administrasi para caleg itu tidak layak untuk ikut di Pemilu tahun 2009,” kata Busran yang enggan menyebut nama-nama yang dimaksud.

Menurut dia,  kejanggalan itu ditemukan tidak sesuainya nama dan tempat lahir yang bersangkutan di ijazah SD maupun SMP, termasuk ada beberapa kasus pada ijazah SMA yang perbedaan waktunya mencapai 10 tahun.

Kasus lain juga ditemukan mengenai tempat menempelnya foto. Seharusnya di situ terbubuhi stempel sekolah dan ada sidik jari. “Tapi terlihat stempel itu tidak utuh dan fotonya tidak terbubuhi,” katanya.

Dalam meneliti keaslian ijazah itu, KPU Konut tidak sendirian. Lembaga yang diketuai Indra Supriadi itu melibatkan Dinas Diknas Konut. “Jadi yang punya kewenangan sepenuhnya melihat keabsahan ijazahnya Diknas, makanya kami libatkan,” ujarnya.(awa/ong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s