Gus Dur Dukung Rizal Ramli .:. Jadi Capres 2009

Jakarta, KP
Ketua Umum Komite Bangkit Indonesia (KBI) Rizal Ramli terus melanjutkan road show untuk menemui sejumlah tokoh nasional. Setelah bertemu Taufiq Kiemas, Senin (22/9) lalu, mantan Menko Perekonomian itu menemui mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Keduanya bertemu di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) Jl Kramat Raya, Jakarta. Datang sekitar pukul 12.00, mereka melakukan pertemuan tertutup di ruang kerja Gus Dur di lantai satu. “Rizal Ramli itu teman saya. Dia menyatakan ingin maju sebagai presiden. Ya tentu saya dukung,” ujar Gus Dur.

Namun, seperti halnya pernyataan dukungan kepada sejumlah tokoh nasional lain, Gus Dur tetap memberi syarat. “Itu kalau saya tidak jadi maju capres,” kata ketua umum Dewan Syura DPP PKB tersebut.

Dalam rangkaian ”Safari Demokrasi” yang dilakukan Rizal, Gus Dur merupakan tokoh nasional kedua yang ditemui. Seperti telah diberitakan, Jumat (19/9) Rizal menemui politikus senior PDIP Taufiq Kiemas.

Ketika memberikan keterangan kepada wartawan, Rizal mengaku memiliki kedekatan tersendiri dengan Gus Dur. “Beliau guru saya dalam politik, demokrasi, pluralisme, dan kemanusiaan,” ujarnya.

Rencananya, langkah Rizal menemui sejumlah tokoh nasional terus dilanjutkan. “Besok (hari ini, Red), saya akan bertemu dengan Pak Amien Rais, lalu dengan Bang Adnan (Adnan Buyung Nasution, Red),” paparnya.

Sekjen KIB Adhie Massardi yang turut mendampingi Rizal menambahkan bahwa kunjungan ke sejumlah tokoh nasional itu dimaksudkan untuk konsolidasi kekuatan prodemokrasi di Indonesia. “Konsolidasi itu perlu karena demokrasi kita sedang menghadapi ancaman,” ujar jubir presiden semasa Gus Dur tersebut.

Indikasinya, kata Adhie, adalah kemungkinan ditetapkannya Rizal sebagai tersangka terkait kasus demo massa menentang kenaikan BBM yang berakhir rusuh beberapa waktu lalu. “Ini berbahaya, setiap orang yang kritis dicurigai dan diancam akan ditangkap,” tandasnya. (dyn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s