Hugua Janjikan Naik Haji Kepada Warganya yang “Teladan”

Wakatobi, KP
Kepemimpinan Ir Hugua sebagai Bupati Wakatobi patut dicontoh. Selain dikenal getol mempromosikan daerahnya di dalam dan luar negeri, Hugua ternyata menerapkan nuansa religius dalam memimpin wilayahnya. Salah satu bentuk yang dilakukannya adalah menjanjikan warganya untuk menunaikan ibadah haji dengan gratis.

“Ini salah satu program yang saya lakukan kepada seluruh masyarakat Wakatobi. Dan ini berlaku mulai tahun 2008 ini,” kata Hugua, usai menghadiri dialog strategi pembangunan daerah melalui pembentukan daerah otonom baru di Gedung Pancasila kota Baubau beberapa waktu lalu.

Untuk bisa menikmati haji gratis itu, pasangan Ediarto Rusmin BAE ini mengaku tidak terlalu sulit karena setiap warga di Wakatobi mampu melakukannya. Ada beberapa kriteria yang dinilai untuk bisa menunaikan ibadah haji ke Baitullah. Kriteria tersebut menurut Hugua adalah memiliki pagar yang bagus, memiliki saluran pembuangan air limbah yang memadai, ada toilet, memiliki penataan rumah yang serasi serta berbagai kriteria lainnya. Dengan persyaratan ini, semua warga di Wakatobi memiliki peluang yang sama. Karena setiap tahun Pemerintah kabupaten sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 300 juta rupiah buat 10 warga yang memenuhi kriteria.

Selain warga yang menjadi sasarannya, kepala Desa/Lurah dan Camat juga mempunyai peluang untuk naik haji gratis. Persyaratannya sama, untuk kepala Desa dan Lurah harus bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman diwilayahnya sesuai dengan kriteria tersebut. Begitu juga dengan Camat yang ada di seluruh Pemkab Wakatobi.  Jadi untuk memenuhi kriteria ini, warga dan kepala desa saling bahu membahu begitu juga desa dengan camat, mereka saling bahu membahu membangun wilayahnya masing-masing. “Anggaran yang kami persiapkan memang sedikit yakni 300 juta rupiah, namun impilikasi dari program ini mencapai miliaran rupiah karena setiap warga, kepala desa, Lurah dan Camat bisa membangun dirinya sendiri, dan kontribusi inilah yang kami cari,” ungkap Hugua.(nur/ong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s