Kelebihan Dana BOS Harus Kembalikan

Kendari, KP
Sekolah yang kemungkinan menerima dana bantuan operasional sekolah (BOS), diminta agar segera mengembalikan ke negara. Dugaan kelebihan karena data yang digunakan masih berkisar Januari-September. Dana yang dikembalikan akan disalurkan ke sekolah yang belum menerima.

PUMK PKPS BBM Dinas P dan K Sultra, Ahmad S Sos mengatakan, untuk mengetahui adanya kelebihan menerima dana BOS oleh sekolah-sekolah, saat ini Dinas P dan K Sultra menginput data dari seluruh sekolah penerima melalui laporan  masing-masing. “Saat ini kami bersurat kepada sekolah penerima  mengenai permintaan laporan penyerapan dana  dari seluruh kabupaten/kota di Sultra, sekaligus permintaan laporan bagi penerima yang kelebihan,” kata Ahmad.

Dikatakan,  jumlah penerima dana BOS harus disesuaikan dengan data terbaru  di sekolah, termasuk penerimaan siswa baru  pada bulan Juli lalu. Sekolah yang menerima dana  berlebih diimbau untuk segera mengembalikan  karena akan disalurkan ke sekolah lain serta yang mengalami kekurangan karena kelebihan siswa dari data awal.

Menurutnya, saat ini permintaan data ke sekolah-sekolah tidak hanya sebatas jumlah siswa, tapi nama siswa juga diperlukan untuk mengetahi kebenaran data yang ada. “Sekolah-sekolah yang diketahui menerima dana berlebih tapi tidak mengembalikan,  akan diperiksa langsung  Badan Pemeriksa Keuangan (BKP) untuk diproses lebih lanjut,” tambah Ahmad.

Sejak awal tahun pertama adanya dana BOS hingga sekarang,  belum ada satu sekolah pun yang mengembalikan kelebihan  yang diterima, sehingga tahun ini diharap agar transparan lebih diprioritaskan dalam penyusunan program agar semua komponen sekolah dan masyarakat, mengetahui alokasi dana telah terealisasi.(m3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s