Keluhkan Surat Suara yang Besar

Sidoarjo, KP
Sisi teknis pemilu akan menjadi persoalan tersendiri dalam Pemilu 2009. Dalam simulasi pemungutan suara di Desa Wonomlati, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, Senin (22/9) lalu, warga mengeluh karena surat suara terlalu besar. Pauwan, salah seorang pemilih, mengatakan tidak tahu cara membuka dan melipat surat suara. “Kertasnya besar, Pak. Ngelipete piye (Melipatnya bagaimana, Red)?” ujarnya kepada petugas yang mendampingi.

Tidak hanya itu, warga RT 15, RW 8, tersebaut mengeluh karena banyaknya partai dan calon yang akan dipilih. Dengan bantuan petugas, Pauwan mencontreng surat suara. “Tapi tetap saja bingung,” katanya.

Surat suara yang disimulasikan itu berukuran 80 x 55 sentimeter. Isinya 38 parpol dengan nama-nama calon. Itulah yang membuat bingung Pauwan. Ketua KPUD Sidoarjo Bima Ariesdianto mengatakan, simulasi tersebut dilakukan oleh 500 pemilih. Mereka terdiri atas 20 RT di Desa Wonomlati, Kecamatan Krembung. “Setiap pemilih diperlakukan seperti proses pemilu sesungguhnya,” kata Bima.

Anggota KPU Pusat dari Divisi Penyelenggara Pemilu Pokja Pemungutan dan Penghitungan Suara Andi Nurpati mengatakan, simulasi di Sidoarjo itu baru simulasi pertama di Indonesia. “Selain di Sidoarjo, KPU juga menyelenggarakan simulasi di Aceh dan Papua,” katanya.

Hasil simulasi tersebut diharapkan dapat memberikan masukan kepada KPU tentang permasalahan di lapangan. Kata dia, permasalahan biasanya terletak pada tata cara pencoblosan dan surat suara.

Sementara itu, Ketua KPU Abdul Hafiz Ansyari mengisyaratkan akan mengubah desain yang telah dikonsultasikan dengan DPR tersebut jika hasil simulasi surat suara menunjukkan tingkat kesalahan yang tinggi. (bay/ nuq/riq)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s