Lebaran, Konsumsi BBM Naik 58 persen

Surabaya, KP
Mengantisipasi puncak mudik H-1, Pertamina BBM Retail Region V menambah pasokan suplai BBM baik bensin, solar, LPG hingga mitan. Bahkan untuk mejamin ketersediaan LPG, Pertamina untuk sementara tetap meneruskan pembagian kompor gas dan tabung eliji 3 kg tanpa melakukan penarikan minyak tanah (mitan).

’’Kami mempersiapkan penambahan suplai BBM secara terencana baik pasokan dari darat maupun laut maupun  impor dan domestik  melebihi jumlah kosumsi normal,’’ kata Alam Yusuf, GM pemasaran BBM Retail Region V kemarin dalam press conference kesiapan Pertamina menyambut lebaran 2008 kemarin (23/9) dikantornya.

Berdasarkan data Pertamina pada Ramdhan 2007 konsumsi premium naik tujuh persen dan solar naik tiga persen dari konsumsi harian. Dimana secara harian, untuk wilayah Jatim, Bali, NTB, dan NTT, konsumsi premium sebanyak 10.165 KL sementara solar 5.633 KL.

Kenaikan konsumsi premium baru terasa pada H-5 dan puncaknya, kenaikan pada 2007 mencapai 58 persen pada H-1 untuk tiga ruas jalan. Pertama ruas Tuban-Gresik-Surabaya, ruas jalan Tuban-Babat-Lamongan, dan ruas ketiga adalah Madiun, Nganjuk,-Jombang-Mojokerto-Sidoarjo. ’’Untuk 2008, diperkirakan puncak arus mudik pada H-5 hingga H-3 dengan peningkatan sebaran kebutuhan premium antara 30-35 persen.’’ ujar Alam. ’’Untuk solar bisanay konsumsi menjelang lebaran malah turun. Karena banyak pemudik menggunakan motor. Tapi kami tetap antisipasi dengan menjaga pasokan.’’

Untuk itu, pertamina menambah pasokan sebanyak dua call tanker yang setara dengan 70 juta KL premium yang akan masuk ke Surabaya dan satu super tangker dengan muatan 110 juta liter solar yang masuk STS Kalbut (Situbondo).

Mereka juga menambah jumlah 28 buah unit mobil tangki dari 421 unit yang ada. Yang akan melayani distribusi ke SPBU sekaligus menjadi kantong BBM (buffer stock) di lokasi yang rawan kritis. Di Jatim, terdapat sekitar 700 SPBU.  ’’Di Region V sudah 157 SPBU Pasti Pas,’’ imbuh dia.

Pertamina juga menyiapkan tambahan mitan hingga 10 persen di rata-rata kebutuhan mitan per harinya. Saat ini konsumsi  rata-rata mitan mencapi 5.030 KL per hari. (aan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s