Puluhan Ribu TKI Mudik

Jakarta, KP
Penumpang angkutan udara dari luar negeri ke Indonesia dan sebaliknya selama lebaran tahun ini (H-7 sampai dengan H+7) diperkirakan bertambah 25.601 orang atau naik 8,44 persen dibanding tahun lalu. Dari jumlah itu, sekitar 80 persennya diduga TKI (Tenaga Kerja Indonesia). “Tahun lalu ada 303.506 penumpang yang melakukan perjalanan mudik. Tahun ini diperkirakan terjadi peningkatan 25 ribu orang menjadi 329.107 penumpang,” ujar Sesditjen Perhubungan Udara Departemen Perhubungan, Nyoman Suanda Suwantra kemarin. Menurut dia, lonjakan itu terjadi seiring bertambahnya jumlah TKI yang bekerja di luar negeri. Para TKI itu kebanyakan kembali lagi keluar negeri setelah lebaran usai.

Menurut perhitungan Dephub, di hari biasa dengan rentang waktu 16 hari seperti itu jumlah penumpang angkutan udara yang keluar masuk Indonesia rata-rata sekitar 313.435 orang, namun di masa lebaran seperti sekarang jumlah penumpangnya bisa mencapai 329.109 orang atau terjadi pengkatan sekitar 15.672 (5 persen). “Kita sudah antisipasi supaya maskapai menambah kapaitas penumpang di rute-rute yang ramai TKI,” tegasnya.

Beberapa negara yang paling banyak ditempati TKI antara lain, Malaysia, Brunei Darussalam maupun wilayah Timur Tengah. Mengenai kapaitas angkutan yang disediakan, Nyoman mengaku sudah melebihi permintaan. Sebab, pada hari biasa saja, jumlah tempat duduk (seats) yang disediakan mencapai 798.437 seats. “Jika ada penambahan kapaitas sekitar 10 persen maka jumlahnya menjadi 878.280 tempat duduk,” lanjutnya.

Rute-rute internasional yang diperkirakan mengalami peningkatan tajam selama lebaran antara lain Jakarta-Singapura, Jakarta-Kuala Lumpur, Jakarta-Hongkong, Medan-Penang, Medan-Kuala Lumpur, Denpaasar-Singapura, Denpasar-Kuala Lumpur, Surabaya-Singapura, Surabaya-Kuala Lumpur. “Kita berharap maskapai dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang dengan cara menyiapkan secara optimal sarana dan prasarana angkutan udara,” cetusnya.

Secara nasional, dia mengakui bahwa jumlah armada pesawat yang digunakan untuk melayani penumpang di daam negeri berkurang sejak maskapai AdamAir tutup. Maskapai itu seelumnya memiliki 20 pesawat dengan jumlah penumpang mencapai 5 juta pertahun. Oleh sebab itu, Dephub siap melakukan koordinasi dengan TNI Angkatan Udara untuk mengantisipasi kekurangan itu.”Aapabila tidak mencukupi maka TNI siap mem-back up,” jelasnya. (wir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s