SG Siap Tingkatkan Ekspor

Surabaya, KP
Semen Gresik Group meningkatkan kapasitas produksi pabriknya meskipun permintaan semen nasional pada 2009 diprediksi tidak sepesat pertumbuhan penjualan tahun ini. Perusahaan pelat merah tersebut mengandalkan pasar ekspornya untuk menampung semen yang tak diserap di dalam negeri.

Saifudin Zuhri, corporate secretary PT Semen Gresik Tbk (SG), memperkirakan penjualan semen tahun depan tidak akan tumbuh sepesat pada 2008. Dari pengalaman, agenda pemilu selalu berdampak pada perlambatan pembangunan. Ini mempengaruhi permintaan semen. Sebab, pengusaha dan pemerintah mengurangi investasi di sektor properti.  ’’ASI (Asosiasi Semen Indonesia) memperkirakan penjualan semen pada 2009 hanya akan tumbuh 5-6 persen dibandingkan pencapaian tahun ini,’’ katanya di sela buka puasa Senin malam (22/9).

Meski begitu, SG Group akan terus menaikkan kapasitas produksi. Apalagi, permintaan semen dunia masih tinggi. ’’Filosofinya, kami memenuhi pasar nasional dulu sebelum mengekspor,’’ ujarnya. SG Group menyediakan sekitar 10 persen produksinya untuk pasar nondomestik. ’’Karena permintaan tahun ini naik, porsi  ekspor SG Group hanya 5 persen dari total penjualan,’’ lanjutnya.

Jika tahun depan permintaan di dalam negeri tidak sebesar pada 2008, otomatis SG bisa meningkatkan ekspornya. Pasar ekspornya meliputi Timur Tengah, Bangladesh, dan Afrika. ’’Saat ini Dubai menyerap banyak sekali semen untuk pembangunan di negara itu,’’ katanya.

Dia menuturkan, pada semester I 2008 konsumsi semen nasional naik 21,2 persen ketimbang periode sama tahun lalu. Akhir tahun ini konsumsi semen diperkirakan tumbuh 15-16  persen ketimbang 2007. Hingga pertengahan tahun ini, penjualan semen nasional mencapai 18,9 juta ton dan akhir tahun ini diperkirakan sekitar 37 juta ton.  ’’Penjualan properti dari pengembang ke konsumen memang melambat. Tapi, penjualan semen ke developer berjalan terus karena proyek harus selesai tepat waktu,’’ paparnya.

Hingga enam bulan pertama 2008, penjualan SG Group mencapai 8,879 juta ton atau naik 12,1 persen ketimbang periode sama tahun lalu sebesar 7,91 juta ton. Akhir tahun ini, penjualannya ditargetkan 17,8 juta ton atau naik tipis ketimbang 2007 sebesar 17 juta ton. SG Group menargetkan market share hingga 45 persen. (aan/dwi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s