TNI Jadi Pelaksana Kejuaraan Lari 10K

Kendari, KP
Tenggat waktu yang diberikan TNI kepada KONI Sultra sebagai penyelenggara kejuaraan atletik 10 Kilometer untuk merampungkan pengesahan kepanitiaan ternyata tidak bisa dipenuhi. Karena itu ketua panitia kejuaraan atletik 10 K, kini dilaksanakan TNI dalam hal ini Korem 143 Haluoleo. “Saat ini TNI sebagai pelaksanan kejuaraan 10 K,” ujar Mayor. Inf. Cole Maliungan yang ditemui saat tengah geladi menyambut kedatangan presiden RI, di pelataran eks MTQ, kemarin (23/9).

Ia melanjutkan, pemindahan pelaksana dari KONI kepada TNI lebih disebabkan faktor lambatnya pengesahan kepanitiaan yang dilakukan KONI. Buntutnya hingga saat ini panitia yang sudah terbentuk belum melakukan pekerjaanya masing-masing akibat surat keputusan (SK) yang sudah dibuat belum ditandangani Ketua KONI Sultra.

Kepala seksi teritorial Korem 143 Haluoleo tersebut berujar pemindahan pelaksana kejuaraan 10 K dari KONI ke TNI juga mendapatkan dukungan dari donatur utama kejuaraan tersebut, Chunda L Sirata. “Saya sudah ditelepon dengan pak Chunda (Chunda L. Sirata, red) beliau bilang agar TNI saja yang menjadi pelaksananya kalau KONI terkesan lambat,” terangnya.

Dengan beralihnya pelaksana kejuaraan tersebut dari KONI ke TNI, selanjutnya akan dilakukan perampingan susunan kepanitiaan. Tujuannya adalah lebih memaksimalkan kinerja panitia dan memangkas jumlah kepanitiaan. “Selama ini jumlah kepanitiaannya banyak sekali tapi hasilnya hingga saat ini masih belum rampung. Karena itu yang pertama kali yang harus dilakukan adalah  menyusun ulang struktur kepanitiaan” kata Cole Maliungan.

Namun mantan atlet atletik ini mengatakan meskipun melakukan perombakan susunan kepanitiaan, bukan berarti ia akan merombak secara forntal dan total. Menurutnya,  ada beberapa hal mendasar yang hanya bisa dilakukan oleh Pengda Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sultra atau KONI. “Nantinya PASI dan KONI tetap berada dalam kepanitiaan,”  ujarnya. (m1/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s