21 Napi Bebas Saat Lebaran

Kendari, KP
Kalau di lingkup pegawai negeri dan karyawan swasta ada bagi-bagi THR menjelang lebaran, dan dianggap sebagai sebuah hadiah, maka di balik penjara juga ada berkah. Ratusan orang narapidana di Sultra tahun ini dipastikan memperoleh pengurangan masa hukuman bahkamn 21 diantaranya langsung bebas.

Dalam rekapan Departemen Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara mencatat 624 Napi, tahun 2008 ini mendapat remisi khusus lebaran. Rinciannya, RK I atau remisi khusus berupa pengurangan sebagian hukuman mencapai 226 napi, sedangkan RK II atau remisi khusus langsung bebas, berjumlah 21 napi.

H Muslim, Kabid Keamanan dan Pembinaan, Depkum-HAM menuturkan selain RK I dan RK II, sebagian Napi lagi mendapat remisi khusus tertunda (RKT) berjumlah delapan orang. Katanya, pemberian remisi ini diberikan bagi terpidana dengan ketentuan jaksa maupun yang bersangkutan baik secara tertulis maupun lisan tidak mengajukan banding/kasasi yang sebelum hari raya keagamaan perkaranya sudah diputus oleh hakim.

Selain itu tambah dia, 39 napi lainnya ikut menerima remisi khusus bersyarat (RKB), dimana remisi tersebut diberikan kepada napi yang pada hari raya keagamaannya belum cukup enam bulan menjalani pidananya. “Keseluruhan Napi yang mendapat remisi mencapai 624 orang,” terang H Muslim, kemarin.

Sebelumnya, kebijakan ini telah diatur dalam Kepres no 174 tahun 1999, tentang pemberian remisi. Yang kemudian ditindaklanjuti melalui surat bernomor W25.PS.01.04-tahun 2008, perihal Surat keputusan pemberian remisi khusus bagi narapidana dan anak pidana, tertanggal 1-2 Oktober 2008.

Kabid Keamanan dan Pembinaan, Depkum-HAM ini mengungkapkan dari ratusan napi yang menerima remisi, didalamnya tercatut nama Hery alias Kasrin, salah satu pembunuh Nadir Abolaa, dengan pengurangan masa hukuman satu bulan.

Sedangkan Zainal Prio, mantan pembantu ketua II STAIN Kendari, mendapat remisi 15 hari. “Namun dengan catatan Zainal Prio, masih menunggu persetujuan Dirjen, mengingat yang bersangkutan masuk dalam tindak pidana khusus,” tandas H Muslim.(cr4)

Lapas/Rutan            Remisi Khusus Hari Idul Fitri Tahun 2008

RK I,     RK II,     RKT,    RKB    Jumlah
Lapas Kelas IIA Kendari    169          3          –         4      176
Lapas Kelas II A Baubau    191          4         –        10      205
Rutan Kelas II A Kendari    54           11        8         6        79
Rutan Kelas II B Kolaka      64            1         –        14       79
Rutan Kelas II B Raha         52            1         –         3        56
Rutan Kelas II B Unaaha     26             1        –         2        29
Jumlah                              226           21       8        39      624

Sumber Data, Kantor Depkum-HAM Sultra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s