Cantik tapi Beradab .:. Dra Nurmima/Guru SMKN 3 Kendari

Motif dan model fashion itu, relatif. Tergantung si pemakainya saja. Jika memang itu dianggap dapat meningkatkan rasa percaya diri, maka motif itulah yang paling bagus. Hanya saja, dalam berbusana memang harus disesuaikan keserasian antara bentuk tubuh dengan model pakaiannya.

Dari tahun ke tahun, motif pakaian itu tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan. Yang beda, tiap saat adalah model pakaian. Ini disebabkan oleh persaingan desainer pakaian yang berusaha menguasai pangsa pasar. Makanya, setiap musim, pastilah ada model baru yang muncul di masyarakat. Apalagi kalau saat lebaran, pasti menjadi sasaran utama para pebisnis garmen untuk memamerkan model teranyarnya.

Keserasian model dan motif pakaian memang pada dasarnya akan memberikan nuansa berbeda. Soalnya, kemampuan berbusana yang cukup serasi akan menambah penampilan cantik seseorang. Makanya, selalu memperhatikan keserasian busana setiap ingin keluar rumah, apalagi ketika ingin berkunjung ke pesta.

“Satu hal yang saya ingin pesankan bagi para remaja, khususnya yang putri agar dalam berbusana harus tetap menyesuaikan dengan etika sosial yang berlaku. Kita harus tetap menghargai norma agama sehingga tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan peluang terciptanya tindak kejahatan pada seseorang karena faktor busana yang kurang seronok. Olehnya itu, memilih pakaian jangan asal-asalan,” imbau Nurmima.

Pasalnya, tak sedikit cara yang dilakukan untuk menghancurkan moralitas generasi bangsa termasuk dari segi berbusana. Terutama pakaian sekolah, siswa harus menggunakan model yang standar agar tidak menimbulkan dan mengundang peluang tindak kejahatan itu.

Selain melihat model dan motif pakaian saat berbelanja di toko pakaian, harus juga disesuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga. Keserasian berpakaian tidak ditentukan mahal atau murahnya pakaian itu, tapi paling penting diukur dari segi bentuk tubuh. Tampak cantik dan beradab akan lebih dikagumi orang. (cr3/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s