Capres Wajib Setor Rp 100 Juta

Jakarta,KP
Partai Bintang Reformasi (PBR) kemarin  secara resmi membuka konvensi calon presiden 2009. Ketua Umum DPP PBR bursah Zarnubi menjamin, konvensi tersebut bebas dari money politics dan kecurangan lainnya.

Pembukaan konvensi capres PBR itu dihelat di Hotel Kartika Chandra. Sejumlah tokoh hadir. Di antaranya, Rizal Ramli, Ratna Sarumpaet, Effendy Choirie, Effendi Simbolon, dan Hariman Siregar.

Bursah mengatakan, PBR membuka seluas-luasnya kepada siapa pun yang ingin maju dalam pemilihan presiden. Tidak peduli asal, agama, dan latar belakang. ”Saya jamin bersih dan adil. Saya dan kader PBR tidak akan ikut konvensi,” kata Bursah.

Tentu saja, mengikuti konvensi capres di PBR tidak gratis. PBR mematok biaya pendaftaran Rp 100 juta bagi calon presiden peserta konvensi. ”Itu untuk biaya administrasi dan penyelenggaraan konvensi di daerah-daerah. Itu wajar. Masak calon presiden tidak mampu membayar Rp 100 juta,” kata Bursah.

Sistem konvensi itu akan melibatkan 50 ribu pemilih. Mereka terdiri atas tiga kelompok delegasi. Kelompok pertama berasal dari delegasi struktural, yaitu pengurus DPP, DPW, DPC, dan PAC. Kemudian, kelompok delegasi tokoh, yakni anggota DPR, DPRD, dan kepala daerah dari PBR. Kelompok ketiga adalah delegasi kehormatan. ”Delegasi kehormatan terdiri atas para rektor, akademisi, pengamat, jurnalis, dan tokoh masyarakat,” jelas Bursah.

Konvensi dilaksanakan secara bergantian di setiap provinsi. Hasilnya akan dijumlah dalam konvensi nasional. ”Begitu ada yang mencapai suara 25 ribu plus 1, dia dinyatakan sebagai pemenang dan menjadi capres dari PBR,” imbuhnya.

Pendaftaran konvensi tersebut akan dibuka hingga 7 Oktober. Setelah itu, proses konvensi dimulai 10 Oktober hingga 10 November 2008.

Setelah dibuka kemarin, Ketua Komite Bangkit Indonesia (KBI) Rizal Ramli langsung menyatakan akan ikut dalam konvensi capres yang dilaksanakan PBR tersebut. ”PBR itu partai yang dibentuk dengan latar belakang reformasi. Atas dasar itu, dengan segala risiko, saya menyatakan ikut dalam konvensi ini,” ungkap Rizal.

Siapa lawan Rizal Ramli nanti? Beberapa nama yang dikabarkan akan ikut adalah Akbar Tandjung, Rizal Mallarangeng, dan Ratna Sarumpaet. (tom/dyn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s