DPR Pilih 8 Anggota DEN

Jakarta,KP
Setelah lama tertunda, akhirnya anggota Dewan Energi Nasional (DEN) bakal dipilih. Komisi VII DPR akan menetapkan hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) 16 calon anggota DEN hari ini.

”Besok jam dua (hari ini, Red), delapan anggota DEN akan dipilih,” ujar Ketua Komisi VII DPR Airlangga Hartarto kemarin.

Dia berharap pembentukan DEN bisa menjadi solusi untuk membenahi kebijakan energi nasional. ”Supaya tidak terjadi salah urus, seperti mismatch di sektor kelistrikan, batu bara dan gas. Juga, untuk mendorong energi alternatif,” katanya.

Komisi VII yang membidangi sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM) kemarin melakukan uji kepatutan atas 16 calon anggota DEN yang diajukan pemerintah. Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dan Sekjen DEN Novian M. Thaib mengantar para calon dalam proses uji kepatutan.

Ke-16 calon anggota DEN adalah Achmad Zudan Fathoni, Agusman Effendi, Aisyah Kusuma, Anton S Wahjosoedibjo, Deendarlianto, Eddie Widiono, dan Gunadi Sindhuwinata.

Selanjutnya, Herman Agustiawan, Herman Darnel Ibrahim, Mukhtasor, Paulus Tjakrawan Taningdjadja, Raswari, Rinaldy Dalimi, Sri Endah Agustina, Tumiran, dan Widjajono Partowidagdo.
Menurut Sekjen DEN Novian M. Thaib, struktur delapan anggota akan terdiri atas dua unsur PT (perguruan tinggi), dua unsur industri, satu unsur ahli rekayasa teknologi, satu unsur ahli lingkungan, dan dua unsur masyarakat pengguna energi. ”Komposisi itu representasi dari seluruh pemangku kepentingan,” katanya.

Pembentukan DEN dianggap urgen. Sebab, DEN nantinya bakal merancang dan merumuskan seluruh kebijakan energi nasional. Lalu, rumusan kebijakan ituakan disampaikan ke DPR untuk disetujui.
DEN dibentuk dengan landasan UU No. 30 Tahun 2007. UU itu kemudian dijabarkan melalui Perpres pada 7 Mei 2008. DEN akan diketuai langsung oleh Presiden RI. Ketua Pelaksana Harian dijabat menteri ESDM. (owi/dwi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s