Harga Sembako di Konsel Melonjak

Andoolo,KP
H -7 Idul Fitri 1429 H, harga sembako di Konsel melonjak drastis.  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sebagai instansi teknis pun terpaksa turun tangan ke pasar tradisional untuk menangkal lonjakan harga.

Kepala Bidang Perdagangan Dra Mis Mariani mengaku pihaknya sudah melakukan pemantauan di pasar-pasar tradisional di Konsel. ”Dari sidak yang kami lakukan ditemukan sembako  sudah melonjak. Naiknya harga kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri itu karena  stok tidak sebanding dengan permintaan konsumen,”katanya.

Di Pasar Tinanggea misalnya,  harga daging, ayam, telur, ikan, minyak goreng, mentega, terigu, gula, lombok merah, wortel, dan tomat paling mahal.  Daging sapi perkilo Rp 60 ribu, begitu juga ayam kampung  Rp 150 perekor dan daging ayam potong Rp 50 ribu. Harga ini akan terus naik bila stok di pasar makin menipis.

Salah satu alternatif, menurut dia,  pemerintah akan  menggelar pasar murah  dengan berbagai barang dagangan. ”Pasar murah akan digelar di empat kecamatan yakni  Buke, Angata, Palangga dan Kecamatan Landono. Masyarakat akan diberikan kebebasan untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan menjelang lebaran. Khusus untuk minyak tanah, kami masih koordinasi dengan pihak pertamina,”tandasnya.

Pantauan koran ini di Pasar Andoolo Utama, harga sembako naik rata-rata 10 persen. Terigu dari  Rp 7 ribu naik jadi Rp 8 ribu. Minyak goreng curah dari a Rp 9 ribu naik Rp 10 ribu. Begitu pula dengan  bawang merah, lombok, tomat, wortel juga mengalami kenaikan  signifikan.

”Kenaikkan ini  belum lama, karena kami juga beli di Kendari sudah mahal. Kaenanya kami   jual lebih mahal agar dapat keuntungan sedikit,”ujar Isna, salah seorang pedagang di Pasar Andoolo, kemarin. (era)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s