Mengenal Dekat Majelis Zikir SBY Nurussalam .:. Anggotanya Diberangkatan Umroh, Gelar Zikir Tiap Kamis Malam

Tak hanya konsen pada urusan pemerintahan dan pembangunan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga memiliki kepedulian tinggi terhadap nilai-nilai spiritual. Presiden pilihan rakyat Indonesia ini mendirikan sebuah majelis zikir yang berevolusi sampai ke daerah-daerah termasuk di Sultra

Sainul Latief, Kendari

Tak banyak yang tahu, rupanya sejak setahun terakhir Majelis zikir SBY telah hadir di Sulawesi Tenggara berlabel Nurussalam. Sekretariat majelis zikir ini sendiri beralamat di Jalan Balaikota III, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia atau bersebelahan dengan kantor Depag Sultra.

KH Abdullah Umar Thafky, S,IP, diamanahkan sebagai imam majelis zikir Nurussalam itu. Majelis tersebut bahkan telah mempunyai keanggotaan mencapai ratusan jamaah di 12 kabupaten/kota.  Rencananya, kata Abdullah Umar, panggilan akrab ulama kharismatik ini Presiden RI berkesempatan shalat dan mengikuti majelis zikir Nurussalam bersama dengan jamaah warga Sultra lainnya, bertempat di Masjid Agung Al Kautsar.

“Alhamdulillah, kesempatan ini merupakan kali kedua, bapak SBY hadir,” akunya.  Sebelumnya, di tahun 2005 lalu, presiden pertama pilihan rakyat Indonesia itu mengikuti acara buka puasa dilanjutkan dengan shalat Maghrib di Al-Kautsar.

Menurut, Abdullah Umar, sesuai agenda protokoler kepresidenan, SBY nantinya akan melangsungkan Shalat Isya, dilanjutkan dengan tarawih berjamaah. Kabid pengawasan pendidikan Kandepag Kendari ini lalu menyebutkan khatib akan disampaikan Abdullah Assegaf, adapun imam shalat dibagi dua yakni, Shalat Isya dan Witir dipimpin Abdullah Umar, sedangkan Shalat Tarawih oleh H Mursyidin.

Alumni diploma IAIN Alauddin, Makassar ini mengatakan guna mewarnai zikir bersama SBY, majelis ini telah mendistribusikan lima ribu pakaian zikir, dan 1800 bantuan dengan total keseluruhan stimulan 6800.

Abdullah Umar, merunut bila sejak terbentuk tahun 2005 lalu di Jakarta, khusus Majelis Zikir Nurussalam di Sultra sendiri telah memberangkatkan tujuh orang jamaahnya mengikuti umrah, dimana dalam setiap bulannya dua anggota berkesempatan ritual umat Islam itu. “Insya Allah, seusai lebaran haji mendatang, dua jamaah lagi akan umrah,” kata alumni Darul dakwah Al Irsyad, Pare-pare, ini.

Kehadiran Majelis Zikir ini kata dia tidak memiliki keterkaitan erat dengan urusan politik, namun menurut Abdullah Umar, wadah ini untuk tujuan keagmaan dengan menghimpun jamaah dalam mengenal dan mendalami agama Islam itu sendiri, melalui gelaran tahlilan dan zikir berjamaah yang dilakukan setiap akhir pekan, pada Kamis malam.

Sejatinya anggota majelis ini memiliki kartu nama (ID Card), selain berfungsi sebagai pengenal identitas diri, kartu ini dapat dipergunakan untuk dapat masuk ke Istana Negara, namun dengan catatan hanya untuk mengikuti majelis zikir. “Tetapi ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, sebelum mendapatkan ID Card ini,” cetus Abdullah Umar, tanpa merinci persyaratan yang dimaksud.

Imam besar masjid Al Kautsar ini menandaskan bila label majelis Nurussalam menyematkan nama presiden ditengah, tak lain karena perkumpulan ini didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai ketua umum. Selain memiliki pengurus ditingkat pusat, majelis ini juga punya kepengurusan ditingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Ia mencontohkan, pengurus di level provinsi Sultra duduk sebagai ketua pembina adalah Gubernur Nur Alam, dengan Sekda diposisi ketua umum, begitu pun halnya kata dia pada pengurus dijajaran tingkat dua.(***)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s