Sultra Sambut SBY

Kendari, KP
Persiapan pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), didukung Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kota Kendari menyambut kedatangan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono beserta rombongan, benar-benar luar biasa. Tak hanya kota yang tampak lebih bersih dan rapih, tapi juga foto plus kalimat dukungan terhadap kepemimpinan SBY.

Di simpang empat Lepolepo misalnya, sebuah baliho besar bertuliskan, “Selamat Datang Presiden Dambaan Rakyat Sultra”. Baliho SBY dan istri dengan kalimat berbeda juga terlihat di sepanjang Jalan By Pass Kota Kendari dan ruas jalan lainnya yang akan dilalui Presiden SBY dan rombongan. Tak hanya itu, Partai Demokrat pun kecipratan untung. Di saat dilakukan penertiban gambar calon anggota legislatif yang meramaikan Kota Kendari,  bendera Partai Demokrat berkibar. Boleh dikata, dua hari terakhir ini Sultra “milik” SBY dan Partai Demokrat.

Keseriusan persiapan menyambut kedatangan RI-1 itu, juga  dapat dilihat dengan dikerahkannya semua unsur pemerintahan dan PNS lingkup Pemprov dan Kota Kendari.

Gubernur Sultra, Nur Alam dan Wagub Sultra, Saleh Lasata, terjun langsung ke lapangan, mengecek segala fasilitas dan perlengkapan yang akan digunakan dalam jalannya acara safari ramadhan presiden, kemarin.  Saat itu, gubernur langsung melaksanakan rapat dadakan bersama semua Kepala SKPD lingkup Pemprov, di panggung utama tempat acara penyambutan presiden, membahas rute yang akan dilalui presiden agar bisa terkoordinir dengan baik, termasuk massa yang akan menyambut presiden sepanjang jalan sejak dari Bandara WMI hingga Arena Ex MTQ.

Gubernur mengatakan, kedatangan presiden menyangkut taruhan kehormatan, gengsi dan citra pemerintah Sultra, khususnya dari Pempov yang jadi penanggungjawab kedatangan presiden. “Sekarang ini kita tidak bekerja tupoksi atau program, tapi tanggungjawab kita semua. Jadi, saya minta betul-betul perhatian dan saya akan perhatikan dengan cermat, siapa yang bekerja dan siapa yang santai. Saya minta seluruh karyawan dimobilisasi dan absen. Karena ini, sekaligus apel bersama presiden dan itu semua di plot,” katanya, kemarin.

Apa itu wujud bergaining politik yang dibangun pemerintah provinsi Sultra? “Harus bisa dipisahkan antara ekspresi perasaan kegembiraan rakyat menyambut kedatangan presidennya, dengan bergaining politik. SBY itu presiden resmi Indonesia, dan sampai hari ini kita suka atau tidak suka kita harus mencintai dia (SBY) kalau mau negara ini utuh,” kata Nur Alam menjawab pertanyaan wartawan saat konfrensi pers di rumah jabatan (Rujab) gubernur semalam.

Sesuai jadwal, presiden dan rombongan tiba di Bandara WMI sebagai titik utama, pukul 11.50 Wita. Di sana, presiden akan disambut secara adat. Dari bandara, rombongan bergerak ke tempat acara utama (Arena Ex MTQ) pada pukul 12.20 Wita, dengan melalui jalur Simpang Tiga Bay Pass-Lepo-lepo sampai Tugu PKK dan tiba di arena utama pukul 12.55 Wita.

Sebelum ke lokasi acara puncak yang akan dimulai pukul 13.00 Wita, presiden akan mampir ke Kantor PKK Sultra. Usai acara, presiden akan menuju Rujab Gubernur untuk berbuka puasa sembari melaksanakan shalat maghrib berjamaah.

“Empat titik utama yang dilalui presiden, telah kita persiapkan. Kita juga sudah tahu sarana prasarana dan fasilitas lain. Hal lain yang harus diperhatikan, atribut untuk menempatkan tamu yang hadir, sesuai penempatannya. Insya Allah, kita masih punya kesempatan untuk memantapkan persiapan, ” ujar gubernur yang selama persiapan penyambutan, turun ke lapangan mengecek kesiapan sampai pukul 02.00 Wita dini hari dan balik ke Rujab pukul 03.00 Wita, untuk sahur.

Selain kelengkapan fasilitas, pasangan Saleh Lasata itu, juga menginstruksikan pada semua kepala SKPD dan Bupati Konsel, Imran serta Wali Kota Kendari, Ir Asrun untuk mengundang seluruh unsur Pemda kabupaten/kota termasuk DPR dan seluruh camat, lurah serta kepala desa, karena terkait langsung Program Bahteramas.

“Kalau Pemkot dan Pemda Konsel turun, lebih mudah dimobilisasi dan diatur juga diidentifikasi. Ini akan segera teratasi. Termasuk Ormas, paguyuban dan majelis ta’lim, itu yang harus diutamakan. Apalagi majelis ta’lim yang paling mudah dimobilisasi karena kompak,” jelasnya.

Sementara massa di luar lokasi, lanjutnya, yang masuk ke arena utama semua sudah teridentifikasi, sesuai Protap yang diatur dalam ketentuan kegiatan presiden, maka Wali Kota Kendari dan Bupati Konsel, harus mempersiapkan massa mulai dari bandara hingga sepanjang rute perjalanan yang dilalui presiden, yang nantinya akan memberikan salam. Hanya saja, untuk menghindari jangan sampai ada massa yang nyelinap masuk membuat keonaran, gubernur menginstruksikan agar titik penempatan massa dikoordinasikan dengan pengamanan.

Terkait masalah peserta, Kepala Biro Pemerintahan Setprov Djafar Silondae mengungkapkan telah menyebar 13 ribu undangan yang akan menghadiri peluncuran Bahteramas di Arena Ex MTQ. Jumlah tersebut sudah termasuk Bupati dan walikota dari 10 kabupaten/kota di Sultra, Ketua DPRD provinsi dan kabupaten/kota, para SKPD kabupaten/kota, unsur muspida, 182 camat  dan 1909 kepala desa dan lurah. Termasuk di dalamnya dari unsur Ormas, Organisasi Kepemudaan (OKP) dan majelis ta’lim, tokoh masyarakat serta tokoh adat.

“Khusus Kota Kendari dan Kabupaten Konsel, ada perlakuan khusus yang diberikan. Karena dua daerah ini, yang punya wilayah. Pemda Konsel, kami berikan undangan sebanyak 2000 orang dan Kota Kendari, 1500 undangan,” katanya kemarin.

Untuk penempatan posisi duduk, lanjut Djafar, camat akan menempati sayap kiri dan kanan di depan panggung utama. Sedangkan para kepala desa dan lurah yang mewakili secara simbolis penerimaan bantuan dana block grant Rp 100 juta, berada di bagian kiri panggung utama. Sementara, ketua DPRD provinsi/kabupaten/kota, juga Ormas, OKP dan majelis ta’lim, duduk di bagian depan panggung utama.  (cr2/wal)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s