Teminal Puuwatu Dianggap Rawan Calo

Kendari, KP
Bagi anda yang berniat mudik lebaran melalui jalur terminal Puuwatu yang terletak di Kelurahan Puuwatu, Kota Kendari sebaiknya lebih waspada. Hasil pantauan anggota komisi C DPRD Sultra, Hoesein Effendy, terminal yang menghubungkan Unaaha, Kolaka dan Konawe Utara tersebut rawan praktek percaloan.

Setiap penumpang yang melalui terminal yang berada di wilayah Kota Kendari itu, selalu saja dihantui calo yang memaksakan kehendaknya kepada penumpang. Bahkan, ada calo yang nekad mengangkat barang bawaan kemudian mendesak penumpang untuk  naik di dalam kendaraan yang sudah dipilihnya.

“Saya saja dikejar-kejar tadi. Bahkan, penumpang belum turun sudah dipalang mobilnya. Kalau situasi tersebut dibiarkan, tentu akan memancing polemik. Anehnya lagi, tak satupun pegawai Dinas Perhubungan yang memantau situasi terminal yang sudah mulai dipadati arus mudik. Yang tampak hanya pegawai yang memungut iuran sebagai PAD Kota,” kata Hoesein Effendy, kemarin.

Anggota Fraksi PPP ini, mengimbau supaya Dinas Perhubungan segera menyikapi situasi terminal yang ada termasuk munculnya terminal bayangan di beberapa tempat, seperti di depan Kantor Brimobda yang dimanfaatkan angkot mencari penumpang, padahal, Pemkot sudah membangun Terminal Baruga.

“Kesannya, uang daerah mubazir hanya membangun terminal tapi tanpa pemanfaatan sekaligus pemeliharaan. Beberapa terminal justru tampil jorok sehingga terkesan terbengkalai, misalnya Terminal Puuwatu yang tampilannya terkotor di Sultra. Hanya dipenuhi para calo saja, tidak ada pegawai ataupun petugas yang berjaga-jaga,” tukas anggota Komisi C ini.

Terkait temuan anggota DPRD Sultra tadi, Kadis Perhubungan Kota Kendari Andi Baso Fahrir, yang dihubungi belum dapat memberikan keterangan. (emi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s