0 Portsmouth v Chelsea 4 .:. Langkah Awal Ambisi Treble Winners

Portsmouth, KP
Chelsea mengawali kiprahnya di Piala Liga Inggris, alias Carling Cup dengan manis. Bermain kandang Portsmouth di Fratton Park, Michael Ballack dkk menunjukkan permainan yang cukup impresif. Kendati berstatus sebagai tamu, mereka mampu melumatkan tuan rumah dengan skor telak 4-0.

Pesta gol tim berjuluk The Blues itu diawali dari sebuah tendangan penalti di menit ke 36. Wasit Steve Bennett menunjuk titik putih lantaran menganggap defender Portsmouth Nadir Belhadj mengganjal Michael Ballack di kotak terlarang. Frank Lampard pun sukses mengeksekusi. Menjelang turun minum, Florent Malouda menambah keunggulan Chelsea menjadi 2-0.

Kepercayaan diri Chelsea bertambah usai jeda. Baru empat menit babak kedua berjalan, Lampard kembali menjebol gawang Portsmouth yang dikawal kiper timnas Inggris David James. Salomon Kalou menutup pesta timnya dengan gol di menit ke 64.

Luis Felipe Scolari selaku manajer baru The Blues mengaku sangat puas dengan penampilan anak buahnya. Dia pun semakin optimistis dengan tim racikannya, karena dari tujuh pertandingan terakhir, Chelsea belum terkalahkan. Selain itu, Carling Cup adalah kompetisi ketiganya musim ini.

“Saya sangat gembira. Padahal kami tidak menerapkan skema menyerang yang cepat. Kami hanya berusaha menguasai bola, dan bermain sabar,” jelas Scolari seperti dikutip BBC. “Tapi, inilah yang saya minta dari pemain, dan mereka menjawab permintaan saya dengan cara yang brilian,” sambung pelatih asal Brasil itu gembira.

Menurut pelatih berusia 59 tahun itu, penampilan anak-anak asuhnya meningkat pesat dari sebelumnya. Didier Drogba dia pandang bermain jauh lebih atraktif ketimbang dua laga sebelumnya, sedangkan Kalou dia anggap mengalami peningkatan pesat daripada pekan-pekan pertama pasca-Olimpiade.

“Penampilan mereka sudah jauh lebih bagus sekarang. Kendati hal ini sudah memuaskan saya, saya tetap berharap mereka segera kembali ke bentuk terbaik masing-masing,” ujarnya kepada situs resmi klub sebagaimana dilansir Goal.

Kemenangan di babak ketiga Carling Cup ini hanya langkah awal dari Chelsea untuk mewujudkan ambisi meraih treble winners musim ini. Memang jalan untuk ke sana masih sangat panjang, namun setidaknya kemenangan ini membuat tim asal London tersebut kian percaya diri.

“Semua kompetisi yang kami jalani sangat penting. Dalam setiap pertandingan, kami datang untuk menang. Baik itu di Carling, Piala FA, atau apa pun. Kami tidak menganggap satu kompetisi lebih rendah nilainya dari yang lain,” ungkap Scolari bijak.

Kalau Scolari demikian puasnya dengan pencapaian di Carling, tidak demikian dengan arsitek Portsmouth Harry Redknapp. Dia marah besar karena menganggap tidak semestinya gol pertama Chelsea terjadi.

Manajer asli Inggris tersebut menuduh Ballack berpura-pura terjatuh alias diving saat dilanggar Belhadj. “Dia sengaja memposisikan kakinya di sana, lalu pura-pura jatuh. Itu bukan sebuah penalti. Saya telah melihat rekaman videonya puluhan kali,” ujarnya berapi-api kepada The Sun.

Gol pertama itu, jelas Redknapp, telah meruntuhkan mental pasukannya. “Pada awalnya kami berharap bisa menahan mereka 0-0 di babak pertama. Tapi tiba-tiba kami tertinggal 0-1, lalu 0-2. Yang kami sesalkan adalah itu terjadi akibat gol yang penuh skandal,” sambung ayah Jamie Redknapp tersebut.

Tidak sekadar menyalahkan lawan, anak buahnya sendiri juga tak luput dari semprotan. Banyaknya blunder yang dibuat James dia anggap sebagai salah satu biang kekalahan. Dalam dua pertandingan terakhir, gawang dia telah kemasukan 10 gol. Pekan ini di ajang Premiership, klub berjuluk Pompey itu dibabat Manchester City 0-6.

“Entah ada apa dengan kami. Banyak orang melakukan kesalahan yang tidak biasanya mereka lakukan. Seperti itulah kami saat ini. Semoga saja cepat berlalu,” ucapnya. “Gol ketiga Chelsea itu lelucon yang seharusnya bisa kami cegah. Tapi, ini bukanlah pertandingan penting bagi kami, dan kami harus meneruskan perjuangan di even lain,” tandasnya menghibur diri. (na)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s