Atribut Kampanye Pilkada Ditertibkan

Kolaka, KP
Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kolaka, kemarin mulai menurunkan seluruh atribut kampanye mulai dari baliho, spanduk hingga stiker milik para calon bupati dan wakil Kolaka yang terpampang disepanjang jalan, maupun ditempat – tepat umum lainnya.

Di dalam kota Kolaka penertiban atribut kampanye dipimpin oleh ketua Panwas Aslan dan dibantu oleh  sejumlah anggota Polres Kolaka maupun satuan Polisi pamong praja Pemkab Kolaka.

Menurut ketua Panwas Pilkada Kolaka Aslan,langkah penertiban ini dilakukan menyusul diabaikannya surat yang layangkan    panwas terhadap para kandidat berisi permintaan agar para kandidat menurunkan sendiri atrbut kampenye miliknya. “Batas waktu yang kita berikan sampai tanggal 24 september ini, tapi karena tidak satupun kandidat yang menurunkan atribut kampanyenya jadi kita turunkan secara paksa dan ini serentak berlangsung diseluruh kecamatan yang juga dilakukan oleh panwas kecamatan, selama tiga hari” ujar Aslan.

Dalam penertiban hari pertama, sepat diwarnai protes dari beberapa warga yang memasang baliho maupun spanduk kandidat di depan rumah, namun setelah diberi penjelasan, atribut tersebut akhirnya tetap diturunkan. “Bagi warga atau tim sukses yang keberatan kami persilahkan untuk datang ke kantor panwas, agar kita berikan penjelasan, penertiban ini sudah sesuatu prosedur karena atribut kampanye boleh kembali dipasang tanggal 6 Oktober  nanti waktu dimulainya masa kampanye, ” tambahnya.

Sementara itu mengenai, maraknya kendaraan khususnya mobil para tim sukses yang memasang branding para calon di kendaraanya juga akan menjadi sasaran panwas berikutnya, namun kata Aslan terebih dahulu pemilik kendaraan akan di surati untuk menutup sementara waktu gambar – gambar yang bernada kampanye. “Setelah dilakukan himbauan termasuk memasang spanduk, baru kita akan berkoordinasi dengan instansi lainya untuk langkah penertiban,” pungkas Aslan.(m2/ong)

Kampanye di Bagi Lima Zona

Persiapan KPUD Kolaka menjelang pelaksanaa Pilkada pertaa di bumi mekongga semakin terlihat, salah satunya dengan ditetapkannya lima zona yang akan digunakan lima kandidat calon bupati dan wakil bupati Kolaka dalam berkampanye yang akan dimulai pada tanggal 6 oktober mendatang.

Zona I meliputi empat kecamatan yakni Kolaka, Latambaga, Samaturu dan Wolo, Zona II  meliputi kecamatan Wundulako, Baula, Pomalaa, dan Mowewe. Zona III terdiri dari kecamatan Tanggetada, Polinggona, Watubangga dan Toari, Zona IV meliputi kecamatan Ulu Iwoi, Tinondo, Lalolae dan Tirawuta, sdanakan di Zona V terdiri dari kecamatan Loea, Ladongi, Poli-Polia dan Lambandia.

Kasubag teknis penyelengara KPU Kabupaten Kolaka Idham Hindardi mengungkapkan Kampanye lima kontestas akan berlangsung selama 12 hari, dimana sepuluh hari diantaranya akan berlangsung dilapangan terbuka. “Kampanye har pertama akan di isi penyampaian visi misi calon dalam sidang peripurna Istimewa DPRD Kolaka, sedanakan pada kampanye hari terakhir akan diisi dengan debat lima kandidat,” terang Idham.

Sedangkan titik lokasi kampanye di setiap kecamatan terdiri dari dua desa yang masing-masing pelaksanaan kampanye antara lain dilakukan di lapangan sepak bola maupun balai pertemuan.

Sekedar mengingatkan Pilkada Kolaka yang bakal di helat 23 oktober mendatang diikuti Lima kontestan, masing-masing Amir Badi – Abd Halim Malhap  (AMAL) dari calon Independen pada nomor urut satu, Buhari Matta-Amir Sahaka (BM-AS) yang diusung delapan Parpol yakni PPP, PAN, PNBK, PKPI, PKS, PKB, PBR, dan PDI-P beada pada nomor urut dua, dinoor urut tiga pasangan Harun Rahim-Ramli Madjid (HARUM) yang diusung koalisi Demokrat, Pelopor dan PBB. Nomor urut empat diduduki pasangan  Sunggu Zakaria-Muhlis (SUKSES) dari calon Independen, dan pada nomor urut lima pasangan Firdaus Tahrir-Muh Djalil  (ASLI) yang diusung partai Golkar.(m2/ong)

Tanggal                 Zona I     Zona II     Zona III      Zona IV     Zona V
6 Oktober 2008Penyampaian visi,misi dan program dalam sidang paripurna DPRD Kolaka
7 Oktober 2008    AMAL      BM-AS      HARUM      SUKSES      ASLI
8 Oktober 2008    BM-AS     HARUM     SUKSES      ASLI          AMAL
9 Oktober 2008    HARUM    SUKSES     ASLI           AMAL        BM-AS
10 Oktober 2008  SUKSES    ASLI          AMAL         BM-A  S    HARUM
11 Oktober 2008   ASLI        AMAL        BM-AS       HARUM     SUKSES
12 Oktober 2008   AMAL      BM-AS      HARUM      SUKSES      ASLI
13 Oktober 2008   BM-AS    HARUM     SUKSES      ASLI           AMAL
14 Oktober 2008   HARUM   SUKSES      ASLI          AMAL         BM-AS
15 Oktober 2008   SUKSES    ASLI          AMAL        BM-AS       HARUM
16 Oktober 2008   ASLI        AMAL        BM-AS       HARUM      SUKSES
17 Oktober 2008   AMAL      BM-AS       HARUM     SUKSES       ASLI
18 Oktober 2008   BM-AS    HARUM      SUKSES      ASLI           AMAL
19 Oktober 2008   Debat kandidat/publik
Sumber : KPUD Kolaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s