Fokus Latihan Teknik .:. Persiapan Petinju Sultra Menuju Kejurnas di Ambon

Kendari, KP
Memasuki hari-hari terakhir puasa, metode latihan dua petinju Sultra, Boma (putri) dan Andri (putra) yang bakalan bertarung di kejurnas tinju junior dan kadet yang dihelat 18-25 Oktober, di Maluku, mulai berangsur-angsur berubah. Sebelumnya latihan difokuskan untuk meningkatkan fisik, saat ini latihan sudah mengarah ke teknik.

Boma yang akan bertarung di kelas junior dan Andri di kelas kadet sudah hampir sebulan belakangan digembleng fisiknya oleh pelatih tinju Sultra, Kadir, dan kepala pelatih, John F Waney. “Sudah sebulan mereka dilatih fisiknya, saat ini latihan sudah kita arahkan untuk meningkatkan teknik,” terang John Waney kemarin (25/9).

Selama latihan sebulan tersebut, Om John –sapaan John Waney– berujar kedua petinjunya tersebut memperlihatkan performa fisik yang meningkat. Meskipun porsi latihan tidak seperti hari-hari di luar bulan puasa, namun kemauan keras kedua petinju tersebut membuat penyerapan metode latihan menjadi efektif. “Kemauan mereka untuk latihan saya lihat cukup tinggi,” imbuh John Waney.

Jika sebelumnya latihan teknik yang dijalani Boma dan Andri hanya sekedar shadow boxing, saat ini keduanya sudah diberikan sparring partner. “Sparring partner sengaja kami datangkan untuk membantu membentuk tenik bertinju mereka,” ujar pelatih yang sukses membawa lima petinju Indonesia menembus Olimpiade dan Asean Games tersebut.

Salah satu pencetus berdirinya Pengda Pertina Sultra mengatakan untuk kejurnas kali ini ia memiliki harapan yang tinggi terhadap kedua petinjunya tersebut. Terutama kepada Boma yang sebelumnya mampu meraih medali emas pada kejuaraan kadet/junior di Kaltim 2007 lalu. “Saya pikir dia (boma) mampu berbicara banyak di kejurnas nanti,” pungkasnya. (m1/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s