KUR Tersalur Rp 10 Triliun

Kendari,KP
Dana Kredit usaha rakyat (KUR),atau dikenal dengan sebutan “kredit SBY”, secara nasional telah tersalur  Rp 10 triliun, dari target Rp 15 triliun. Dari jumlah tersebut di Sultra tersalur Rp 8,43 miliar  kepada 2.194 debitur.  Rencananya tahun 2009  dana KUR akan bertambah  lagi.  Hal itu terungkap saat tiga Dirut bank sepertiBNI, BRI dan Mandiri menyalurkannya kepada sejumlah pelaku usaha mikro.   Masing – masing pelaku usaha kecil mendapat pinjaman  Rp 5 juta.

Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dalam sambutannya kemarin juga menyinggung soal dana PNPM. Karena itu, ia  berjanji tahun 2009  akan memperjuangkan kembali dan  masyarakat bisa mendapatkannya.

“Dana tersebut telah dirasakan masyarakat,khususnya  masyarakat kecil. Saya harap DPR RI memberikan dukungan terhadap  masyarakat kecil ini,” terangnya.

SBY juga berpesan memimta  permodalan yang diberikan tersebut dimanfaatkan  sebaik mungkin. Termasuk pihak terkait dalam mendukung program kiranya memberikan suport. “Gunakan KUR sebuah kebijakan untuk memberikan pinjaman bagi usaha mikro kecil tadi dengan cara-cara yang lebih mudah.  Yakni untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan kita. Pendek kata, semua progrma rakyat wajib hukumnya untuk kita jalankan dan sukseskan,” harapnya.

Sebelumnya, Menkokesra Aburizal Bakrie  merinci, dana KUR  BRI tersalur Rp 49 miliar, BNI 11 miliar  kemudian Mandiri Rp 32 miliar. Dari jumlah tersebut telah tersalur kepada pelaku usaha mikro kecil. “Kredit ini untuk memudahkan masyarakat kecil memperoleh pinjaman bank,” terangnya kemarin.

Menurutnya, selain KUR ada juga dana bantuan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM)  pedesaan.   Untuk tahun 2008 dialokasikan kepada 3999 kecamatan dengan jumlah pinjaman Rp 1,5 miliar per tahun masing – masing kecamatan. Kemudian tahun 2009 akan meningkat lagi  pada 5720 kecamatan dengan besar dana Rp 3 miliar per tahun. Demikian di Sultra, menjadi bagian dari daerah yang mendapat kucuran PNPM. (lis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s