Tambah Dua Armada Masih Belum Cukup

Kendari, KP
H-5 lebaran situasi kepadatan arus mudik mulai sudah terlihat di pelabuhan Kendari. Ratusan penumpang jurusan Kendari-Raha dan Baubau terlihat menumpuk di dermaga. Empat unit kapal cepat jurusan dua kota itu yang selama ini beroperasi tidak mampu membendung banyaknya penumpang.

Hal inilah membuat perusahan angkutan laut menambah armadanya, masing-masing satu unit hingga sekarang total kapal cepat berjumlah enam unit. Pantauan koran ini, sejak pukul 10.00 Wita tempat penjualan tiket dari dua perusahaan yaitu Sagori Ekspres dan Super Jet terlihat padat.

Penumpang harus mengantri sekitar setengah jam untuk memperoleh tiket keberangkatan. Arus jalan poros di sekitar pelabuhan yang sebelumnya sangat jarang terjadi kemacetan, siang kemarin terlihat padat alias terjadi antrian panjang.  Sementara situasi di dalam pelabuhan pun cukup padat.

Petugas Pelindo Kendari harus berteriak agar penumpang bersabar untuk masuk kedalam ruangan tunggu. Saking padatnya penumpang dan pengantar, kapasitas ruang tunggu tidak mampu menopang banyaknya pemudik. Pemandangan lain tentang padatnya arus mudik terlihat juga di pintu masuk dan keluar pelabuhan.

Humas Pelindo Kendari, A Rivai Kadir mengatakan sudah dua hari terakhir penumpang cukup banyak. Perhari diprediksikan hampir seribu penumpang yang keluar pelabuhan Kendari. “Sudah terlihat kenaikan penumpang selama dua hari ini. Puluhan petugas dari kelautan dan kepolisian kewalahan mengatur arus mudik,” katanya, kemarin disela-sela berjubelnya penumpang.

Dua perusahaan yang selama ini menyediakan empat armada angkutan kini masing-masing menambah satu unit. Meski pihak perusahaan sudah menambah armadanya tetapi tetap saja tidak bisa membendung banyaknya pemudik dari Kendari-Baubau-Raha dan sebaliknya.

Rivai menambahkan pihak Adpel Kendari telah mengeluarkan kartu kontrol bagi calon penumpang. Tujuaanya, untuk menghindari tenumpang yang ilegal. Jadi, bila penumpang yang tidak memegang kartu kontrol maka tidak bisa diberangkatkan. “Perhari penumpang lebih dari 800 orang dan jika tidak ada kontrol maka kapal akan kelebihan muatan,” pungkasnya.(cr1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s