Transaksi ATM Bersama Naik 50 Persen

Jakarta,KP
PT Artajasa Elektronis (Artajasa) selaku penyedia jasa ATM Bersama memprediksi, jumlah transaksi melalui mesin uang otomatis akan meningkat 50 persen menjelang Lebaran. Untuk mengantisipasi hal itu, Artajasa akan menambah kapasitas mesin main frame (pendukung utama).

“Kenaikan transaksi umumnya terjadi pada Sabtu dan Minggu. Dan jumlah transaksi menjelang Lebaran pasti meningkat 50 persen ,” ujar Direktur Utama Artajasa Arya Damar kemarin.

Dia menjelaskan, pada hari biasa jumlah transaksi mencapai 170 ribu per hari atau lima juta transaksi dalam sebulan dengan nilai sekitar Rp 1,3 triliun. Namun, menjelang Lebaran jumlah transaksi akan meningkat menjadi 250 ribu atau tujuh juta transaksi d dengan nilai Rp 1,8 triliun.

Tingginya jumlah transaksi tersebut, akibat melonjaknya kebutuhan yang diikuti meningkatkanya peredaran uang tunai menjelang Idul Fitri. Kendati demikian, lanjut Arya, demi kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi, Artajasa akan menambah kapasitas mesin main frame sehingga mampu memproses jumlah transaksi yang lebih banyak pada saat bersamaan. “Ini momen yang terjadi setiap tahun jadi kita sudah antisipasi sebelumnya,” tukasnya.

Arya meminta nasabah tak khawatir dengan persediaan uang tunai selama Lebaran.   Sebab, melalui ATM Bersama, nasabah tetap masih bisa melakukan pengambilan uang tunai ataupun transaksi perbankan. “Transaksi seperti tarik tunai, transfer antarbank, pembayaran dan lainnya masih dapat dilakukan,” tuturnya.

Bank anggota ATM Bersama saat ini berjumlah 70. Nasabah bank dapat memanfaatkan layanan transfer antarbank melalui ATM Bersama hingga Rp25 juta per 1 Agustus 2008 lalu. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) Nomor 10/2008, dimana BI telah menaikkan batas limit maksimal transfer antar bank via ATM dari Rp10 juta menjadi Rp25 juta.”Sehingga nasabah makin leluasa melakukan transaksi,” ungkapnya.

ATM Bersama sendiri saat ini memiliki 13.000 ATM yang berada di lokasi strategis ditambah dengan ATM bank anggota ATM Bersama dan jaringan milik Bank Pembangunan Daerah (BPD). Hal itu akan bertambah lengkap dengan keinginan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang akan bergabung. “Tahun depan, BPR bisa memanfatkan seluruh fasilitas di ATM Bersama. Saat ini yang sudah menyampaikan komitmen adalah BPR di Jawa Barat dan Kalimantan Timur,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah bank terus bersiap menyambut momen mudik Lebaran. Corporate Secretary PT Bank Mandiri Tbk Mansyur S. Nasution mengemukakan, menghadapi Lebaran, untuk Mandiri ATM telah tersedia sekitar Rp 11,5 triliun. ”Itu (dana) dibagi menjadi dua, yaitu H-15 sebesar Rp 9,25 triliun dan Rp 2,3 triliun pada H+7,” ujar Mansyur. Dia menjelaskan, pada hari normal, persediaan uang tunai untuk Mandiri ATM rata-rata sebesar Rp 442 milyar. (wir/eri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s