Merenovasi Rumah di Atas Tanah yang Berbentuk Trapesium

Yang Terhormat :

Bapak ALIM BAHRI, ST. IAI

(Pengasuh kolom GRIYA Kendari Pos)

PERTANYAAN :

Dengan Hormat,

Saya mohon bantuan Pak Alim, karena kesulitan merancang renovasi rumah saya yang berukuran 36 m2 di atas lahan 111 m2. Tanahnya berbentuk trapesium dan menghadap barat. Saya ingin penataan ruang yang terdiri dari 2 lantai dengan sistem pengudaraan dan pencahayaan yang baik. Ruang-ruang yang saya butuhkan adalah sebagai berikut :

· Ruang tidur utama

· 2 kamar anak

· Ruang tidur tamu

· Kamar pembantu

· Ruang tamu

· Ruang makan

· Ruang keluarga

· 2 kamar mandi

· Taman dalam dan luar

· Carport

Mengingat biaya yang terbatas, kalau bisa tidak terlalu banyak mengubah bangunan yang ada. Jika harus meningkat, bagian yang ditingkat sebaiknya adalah bangunan baru.

Terima kasih banyak atas bantuannya.

Ibu Supiatin

Kolaka, Sultra

JAWABAN :

Lahan berbentuk trapesium memang seringkali terasa menyulitkan untuk dibangun rumah. Ruang-ruang yang terbentuk pada lahan ini seringkali membentuk sudut runcing yang akhirnya menjadi ruang tidak terpakai (ruang mati). Ada beberapa hal yang harus Ibu perhatikan agar tidak banyak ruang-ruang yang terbuang, dan mengefektifkan seluruh unit-unit ruangan.

Seperti penjelasan sebelumnya, lahan trapesium akan membentuk ruang dengan sudut-sudut runcing (tidak persegi), untuk menyiasatinya, sebaiknya perbot yang Ibu gunakan di desain sendiri mengikuti bentuk dan ukuran ruangan, membeli perabot yang sudah jadi, akan menyulitkan Ibu untuk menata ruangan yang tidak persegi. Karena, membeli perabot yang sudah jadi, ukurannya sudah standar dan dianggap akan diletakkan dalam suatu ruangan yang ukurannya standar pula.

Apabila Ibu ingin menyembunyikan dinding-dinding yang tidak persegi tersebut, selain meletakkan perabot, ibu dapat memberi cermin atau kaca transparan agar perhatian pengamat tidak terfokus ke dinding akan tetapi beralih ke kaca cermin, meletakkan lukisan yang menarik juga merupakan salah satu cara untuk menyiasati hal ini. Dapat pula Ibu menggunakan warna-warna yang berbeda dari dinding lainnya sehingga akan tidak nampak bahwa dinding ibu memiliki kekurangan.

Untuk rumah lbu, rasanya tidak mungkin untuk tidak mengubah bangunan lama untuk dijadikan bertingkat, mengingat penambahan yang lbu minta cukup banyak, kecuali apabila bangunan yang berada di tanah kosongnya dibuat 3 lantai. Namun nanti rumah lbu Merry akan menjadi aneh. Selain itu, organisasi ruangnya juga saya ubah sedemikian rupa agar aliran ruang dan zoning (perletakan ruang) serta sirkulasi udaranya bisa menjadi lebih baik lagi.

Ruang-ruang tidur, tidak ada pilihan lain selain menggeser ke sisi kanan, supaya bisa mendapatkan cahaya matahari. Sedangkan bagian tengah rumah lebih baik digunakan untuk ruang dengan aktivitas bersama, seperti ruang makan dan ruang Keluarga. Dengan demikian, dapur bisa menjadi lebih luas. Apalagi ruang di bawah tangga bisa dimanfaatkan menjadi ruang penyimpanan

Ruang tidur utama dan ruang tidur tamu berada di lantai satu, mengapit kamar mandi. Apabila lbu perhatikan, di kamar mand ini ada taman kecil, yang berfungsi untuk pertukaran udara, sedangkan kamar mandi di atasnya dibuatkan void yang berfungsi sama. Sementara itu, ruang tidur anak keduanya berada di lantai 2 bersama dengan ruang keluarga, ruang pembantu, dan sebagainya.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan, terima kasih. salam

Keterangan Gambar Usulan :

DENAH LANTAI 1

1.      Carport

2.      Teras

3.      Ruang tamu

4.      Ruang makan

5.      Dapur

6.      Ruang tidur utama

7.      Kamar mandi

8.      Ruang tidur tamu

DENAH LANTAI 2

9.      Ruang keluarga

10.  Ruang tidur anak 1

11.  Kamar mandi

12.  Ruang tidur anak 2

13.  Ruang tidur pembantu

14.  Ruang setrika

15.  Kamar mandi pembantu

16.  Ruang cuci dan jemur

DENAH LANTAI 1 1.	Carport 2.	Teras 3.	Ruang tamu 4.	Ruang makan 5.	Dapur 6.	Ruang tidur utama 7.	Kamar mandi 8.	Ruang tidur tamu DENAH LANTAI 2 9.	Ruang keluarga 10.	Ruang tidur anak 1 11.	Kamar mandi 12.	Ruang tidur anak 2 13.	Ruang tidur pembantu 14.	Ruang setrika 15.	Kamar mandi pembantu 16.	Ruang cuci dan jemur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s