Tangguhkan Pencalegan Golkar! .:. Bariun Minta KPU Hargai Proses Hukum

Natsir: KPU Punya Dasar dan Diatur UU

Kendari,KP
Upaya kasasi  DPP Golkar   terhadap putusan pengadilan Jakarta Barat, membuat fungsionaris DPD I Golkar versi Ali Mazi, La Ode Bariun  minta KPU di Sultra segera menangguhkan pencalonan Golkar versi Musdalub. Langkah itu menurut dia sebagai wujud menghargai proses hukum yang sedang berjalan.

Kata dia,jika KPU tetap melakukan proses sepihak, maka itu diangggap sebuah pelanggaran dan tidak menghormati keputusan hukum. Padahal di negara Indonesia adalah negara hukum,  harus menghormati dan tunduk terhadap hukum.

“Pertanyaannya, bagaimana jika nanti kami (Golkar Ali Mazi)  yang  dimenangkan dalam kasasi.Apa sanksinya dan apa tindakan KPU. Jadi saya minta KPU Kendari segera menangguhkan proses pencalegan, termasuk KPU di Sultra,”tegasnya, kemarin.

Bagaimana jika KPU mengabaikan permintaan ini? Golkar versi  Ali Mazi akan melayangkan gugatan karena KPU sudah melecehkan putusan pengadilan. KPU juga sudah melakukan perbuatan melawan hukum.

“Sangat jelas kami anggap KPU melecehkan putusan pengadilan. Karenanya kami akan melakukan upaya hukum terhadap KPU,”tukas mantan pengacara ini.

Ketua Pokja Pencalegan KPU Kendari, La Ode Abd Natsir Moethalib menganggap permintaan tersebut  tidak bermakna. Sebab KPU  menganggap masalah tersebut adalah internal partai, yang harus diselesaikan di tingkat partai mereka. KPU sudah digariskan untuk melaksanakan tahapan sesuai UU Pemilu No 10 dan peraturan KPU.

“Jadi sampai hari ini kami masih mengacu pada surat DPP Golkar yang menyatakan versi Bahrun sah. Tidak ada penangguhan karena kami juga punya dasar yang jelas,”tukasnya.

Menurutnya, persoalan hukum harus jalan sesuai mekanisme hukum. Demikian pula KPU jalan sesuai apa yang sudah digariskan, sebagaimana  peraturan KPU dan UU No 10. Jadi, KPU tak bisa menunggu partai untuk menyelesaikan masalah, sebab yang dilayani bukan 1 partai di Kendari,  tapi 38 partai. Ia berharap agar Gokar menyelesaikan sendiri perosaalnya. Sebab KPU  tidak dalam konteks mengiyakan atau menolak, apalagi  mengikuti usulan partai yang sifatnya internal.

Bagaimana jika kasasi dimenangkan Golkar Ali Mazi? Untuk persoalan ini KPU masih menunggu surat dari KPU  bagaimana arahan dan petunjuknya. Ia mengaku pihaknya sudah melayangkan surat tentang permintaan arahan dan petunjuk. Sebab di KPU hirarki dan punya domain, demikian juga di partai.

Jika tidak menangguhkan, Golkar Ali Mazi akan melayangkan gugatan. Apa respon KPU? Tidak masalah dan   silangkan gugat. Apapun yang kami lakukan tentu ada dasarnya. KPU tidak dalam proses melarang atau menyuruh, silahkan dan KPU  juga akan jalan dengan apa yang ada.

Gugat menggugat adalah hak setiap warga negara. “Sekali lagi, dalam persoalan intern partai kami tak akan masuk ke wilayah itu. Kami tetap independen sebagai penyelenggara Pemilu. Jadi sepanjang belum ada putusan inkra, kami tetap berpegang pada aturan dan hasil konsultasi kami ke DPP. Jadi saat ini kami juga masih menunggu surat KPU Pusat soal persoalan tersebut,”tandas mantan ketua Dema Unhlau (kini presiden mahasiswa,red).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s