Mantan Penderita Gagas Bentuk Asosiasi

Sejauh ini, informasi tentang hemifacial spasm (HFS) masih minim. Karena itu, pasien sering kesulitan mendapatkan pengobatan yang tepat. Karena pengalaman itu, para eks HFS ingin berbagi kepada penderita lain HFS. Mereka ingin pasien tidak khawatir. Sebab, penyakit mereka bisa disembuhkan.

Dengan alasan itu, para mantan penderita HFS berencana membentuk AHFSI (Asosiasi Hemi Facial Spasm Indonesia). “Kita ingin berbagi pengalaman bahwa HFS bisa disembuhkan,” tutur Lilih Dwi Priyanto, salah satu pecetus AHFSI.

Pria yang menjalani operasi pada 3 Desember 2007 itu menambahkan, para mantan penderita HFS sering berhubungan. Mereka kumpul-kumpul dan jalan-jalan ke tempat wisata. “Saya pikir, lebih baik membentuk perkumpulan saja,” tuturnya di Hotel JW Marriott, kemarin.

Dalam gathering tersebut, belum ada kesepakatan kapan asosiasi dibentuk. Mereka yang datang hanya disodori formulir untuk menuliskan biodata mereka. “Itu baru draf. Kami ingin tahu animo teman-teman,” tambah Lilih.

Niat membentuk AHFSI disambut gembira oleh Wulandari, 44, yang tinggal di Manado. Menurutnya, asosiasi ini dapat menjadi pusat informasi bagi penderita HFS. Apalagi, tambah Wulan, fasilitas kesehatan di Manado sangat minim.

“Ketika menderita sakit ini, dokter di Manado bilang saya tidak dapat sembuh. Tapi, ternyata bisa. Padahal, penderitas HFS banyak di Manado,” ujarnya.

Dokter Sofyanto SpBS, spesialis bedah saraf RS Husada Utama, juga menyatakan mendukung kegiatan ini. Menurut dia, di luar negeri banyak perkumpulan penderita dan eks penderita HFS. “Asosiasi ini amat berguna untuk pendataan,” tegasnya. (dio/soe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s